Yang Terbaik

Minggu, 7 Juni 2015

Yang Terbaik

Baca: Lukas 10:38-42

10:38 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya.

10:39 Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,

10:40 sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.”

10:41 Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,

10:42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya. —Lukas 10:39

Yang Terbaik

Dalam suatu kebaktian gereja, saya melihat seorang bayi yang ada beberapa baris di depan saya. Bayi itu melongok dari balik pundak ayahnya, matanya penuh keingintahuan sembari ia memandangi orang-orang yang sedang berbakti. Ia tersenyum pada beberapa orang, mengiler, dan menggigiti jari-jarinya yang gemuk, tetapi tidak berhasil menemukan ibu jarinya. Lama-kelamaan, suara sang pendeta yang sedang berkhotbah tidak lagi saya perhatikan karena mata saya berulang kali tertuju kepada si bayi yang lucu itu.

Pengalih perhatian datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bagi Marta, gangguan itu berupa keinginannya melayani Kristus dengan memasak dan membersihkan rumah daripada mendengarkan-Nya dan berbicara dengan-Nya. Namun Maria tidak mau perhatiannya teralihkan. “Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya” (Luk. 10:39). Pada saat Marta menggerutu karena Maria tidak membantunya, Yesus berkata, “Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya” (ay.42).

Kata-kata Yesus mengingatkan kita bahwa hubungan kita dengan-Nya jauh lebih penting daripada semua hal baik yang dapat memikat perhatian kita untuk sementara waktu. Ada yang mengatakan bahwa sesuatu yang baik adalah penghalang bagi hal-hal yang terbaik. Bagi pengikut Kristus, yang terbaik dalam hidup ini adalah untuk mengenal Kristus dan berjalan bersama-Nya. —Jennifer Benson Schuldt

Menurutmu, apa saja yang mengalihkan perhatian Marta? Apakah ia ingin dilihat sebagai tuan rumah yang baik? Ataukah ia cemburu terhadap Maria? Sikap apa saja yang membuatmu gagal mengutamakan Yesus?

Tuhan, ajar aku untuk mengenal-Mu, karena dengan demikian aku akan belajar mengasihi-Mu lebih dari segalanya.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 28–29; Yohanes 17

Bagikan Konten Ini
20 replies
  1. Yandi Rafael Tarigan
    Yandi Rafael Tarigan says:

    Terpujilah Engkau Tuhan, yang senantiasa memberi kami yang terbaik untuk menggenapi rencanaMu yang sempurna

  2. NIW
    NIW says:

    Tamparan keras ke diri sendiri. Buat apa yg katanya ‘pelayanan’ kalo platformnya bukan Kristus. Padahal yang Kristus mau supaya punya hubungan spiritualitas yang erat dgn Dia… Spiritualitas yang baik dgn Kristus pasti akan menghasilkan tindakan/kerja yang baik dan benar. I’ve been so deceived..

  3. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Tuhan Yesus Tuntunlah dan ajarilsh hambamu yang berdosa ini yang sering tidak menjalankan akan kehendakmu didalam hidup ini, banyak sekali godaan yang mempengaruhi kehidupan yang sedang kami jalani ini, hambamu dan keluargaku terkadang melupakan akan kebaikan dan kasih sayangmu yang engkau telah berikan didalam kehidupan kami,terima kasih Tuhan Yesus akan segala kebaikanmu kepada kami sekeluarga, terpujilsh namamu, bapa disurga, Amin

  4. Lita Kristen
    Lita Kristen says:

    Puji Tuhan santapan harian yang sangat membangun, Yesus mmg Dahsyat Kau sungguh hebat

  5. Mutikha Sibarani
    Mutikha Sibarani says:

    Amin, ayat saat teduh sekarang pas sekali dengan ayat surat malua saya Luk 10:42

  6. Yovel Manggato
    Yovel Manggato says:

    Trimakasih Tuhan Yesus untuk firmanMu hari ini… yg begitu luar biasa..!!!

  7. SULAMYA JOSEPH
    SULAMYA JOSEPH says:

    Tuhan biar kmi trus fokus kepadaMu..mengutamakan Engkau d slu menyenangkan dan buat Engkau slu tersenyum..Engkau terlalu AJAIB,DAHSYAT,HEBAT MELEBEHI DR SGALA YG ADA..TRIMA KSIH KRNA SDH MEMILIH KMI..LOVE U JESUS.

  8. Desna Siregar
    Desna Siregar says:

    marta berfikir bahwa ia kedatangan tamu yg sangat istimewa sehingga Ia harus menyiapkan hal yang terbaik yg Ia bisa, marta berfikir mengapa maria enak2kan dan hanya duduk, dan tidak membantu padahal marta sedang merasa kerepotan.
    Tidak fokus, fokus thd jobdeks pelayanan, pandangan orang lain, terlalu sibuk .

  9. ritha
    ritha says:

    maafkan aku Tuhan yg seringkali fokus ku teralihkan oleh kekhawatiran akan masalah/ pergumulan d hidupku..hari ini aku benar2 sebagai marta..aku kurang fokus mngikuti ibadah hanya karena kepikiran masalah ku sebelum mngikuti ibadah hari ini…
    mampukan aku Tuhan bahwa Engkau yg terutama..

  10. Puttu Jullya
    Puttu Jullya says:

    Amin.. Tuhan ajarkan anak Mu ini agar selalu mengandalkan dan mendekatkan diri kepada Mu Tuhan

  11. yogie
    yogie says:

    tidak ada yg lebih penting di dunia ini selain MEMULIAKAN TUHAN..thx jesus for your bless..amin …

  12. Kosianna Ambarita
    Kosianna Ambarita says:

    Trimakasi tuhanyesus ajarikamituhan agar kami tau menyerahkan dirikami padamu setiap saat amin.

  13. Daniel Hanen
    Daniel Hanen says:

    makasih Tuhan, hari ini aku sadar, bahwa hal yang terbaik adalah mendengarkan suaramu & dekat padaMu..

  14. OKA
    OKA says:

    oke, skrng jd makin tau^,^)9
    yg baik adalah penghalang bagi yg terbaik, tp kadang aku masih nyaman ad di posisi baik

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *