Tantangan Masa Peralihan

Senin, 22 Juni 2015

Tantangan Masa Peralihan

Baca: Yosua 1:6-11

1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.

1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

1:10 Lalu Yosua memberi perintah kepada pengatur-pengatur pasukan bangsa itu, katanya:

1:11 “Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk pergi menduduki negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki.”

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh. —Yosua 1:7

Tantangan Masa Peralihan

Chris Sanders, seorang mantan atlet profesional, pernah mengalami cedera yang membuat kariernya harus berakhir. Kepada sekelompok veteran militer, ia mengatakan bahwa meskipun ia tidak pernah terjun dalam medan pertempuran, “Saya memahami perasaan tertekan di tengah masa peralihan.”

Baik itu kehilangan pekerjaan, kegagalan dalam pernikahan, penyakit yang berat, atau kemerosotan keuangan, tiap perubahan besar membawa tantangannya tersendiri. Mantan atlet itu menambahkan bahwa kunci keberhasilan dalam mengarungi masa peralihan menuju tahapan hidup yang baru adalah dengan membuka tangan lebar-lebar untuk menerima pertolongan.

Kitab Yosua sangat baik dibaca ketika kita berada dalam masa peralihan. Setelah 40 tahun mengembara dan mengalami sejumlah kemunduran, umat Allah bersiaga untuk memasuki Tanah Perjanjian. Musa, pemimpin besar mereka, telah meninggal. Dan Yosua, abdi Musa, yang sekarang memimpin mereka.

Allah berfirman kepada Yosua, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi” (YOS. 1:7). Pedoman firman Allah itu harus menjadi fondasi bagi kepemimpinan Yosua dalam segala situasi.

Perintah dan janji Tuhan bagi Yosua juga berlaku bagi kita: “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu. Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi” (ay.9).

Allah menyertai kita di setiap masa peralihan. —David McCasland

Ya Bapa, kuserahkan pencobaan dan keputusasaanku kepada-Mu. Engkau tahu segalanya. Hanya Engkau yang bisa menghiburku, dan menyediakan apa yang kuperlukan hari ini. Tolonglah aku menyerahkan segala harapanku yang belum terpenuhi kepada-Mu, karena aku yakin Engkau merancang yang terbaik bagiku.

Allah tetap setia di setiap perubahan.

Bacaan Alkitab Setahun: Ester 6–8; Kisah Para Rasul 6

Bagikan Konten Ini
37 replies
  1. ritha
    ritha says:

    tiap langkah hidupku diatur oleh Tuhan, berserah sepenuhnya dlm perubahan yg terjadi dlm hidupku.rancangan Tuhan rancangan damai sejahtera.Amin.

  2. okta manurung
    okta manurung says:

    Terima kasih BAPA yang maha kudus, yang selalu menguatkan tekad dalam setiap langkah2 yang ku ambil,
    Amin.

  3. angraenysilitonga
    angraenysilitonga says:

    tetap setia disaat tersulit…. kasih karuniaNya berlimpah memampukan kita tuk melaluinya…. puji Tuhan….

  4. Aliksia Kristiana
    Aliksia Kristiana says:

    jawaban dr pergumulanku :’) thanks God. i believe Jesus always beside me, everytime, everywhere, forever… Jesus it is You !

  5. Keyko Halapiry
    Keyko Halapiry says:

    Tetap berdoa dan percaya bahwa Tuhan akan melindungi dan menyertai kita, kemanapun kita pergi.
    Terimakasih untuk renungan di pagi ini, Tuhan Yesus memberkati.

  6. carolina juntak
    carolina juntak says:

    Tuhan,, pergumulan kami begitu berat,, terlalu banyak dosa yang ku lakukan., beri jalan untuk semua pergumulan ini Tuhan,,, biar lah hari ini mujizat mu nyata bagi kami. Amin

  7. Evita Valentin M
    Evita Valentin M says:

    saya percaya Tuhan Yesus slalu menyertai dan tidak pernah terlambat memberikan pertolongan. Terima kasih Tuha Yesus

  8. Juni Simanungkalit
    Juni Simanungkalit says:

    Tuhan paham dan mengerti apa yg kita mau. Namun Tuhan juga mau agar kita memahami dan mengerti apa isi hati Tuhan. Lakukan apa yg bisa kamu lakukan untuk Tuhan, minta tuntunan Roh Kudus agar semua yg dilakukan sesuai dengan kehendak Tuhan.

  9. Anne
    Anne says:

    Terimakasih Tuhan. saat teduh hari ini berasa tertuju kepadaku. Terimakasih karena telah menguatkanku.

  10. Kevin Chikrista
    Kevin Chikrista says:

    Terima kasih ya Tuhan karena FirmanMu yang selalu menguatkan dan meneguhkan hatiku.. ^.^ Damai sejahtera selalu ada dalam hati ini. Aminnn… ^.^

  11. abdiasMTC
    abdiasMTC says:

    Tuhan sumber kekuatan dan keteguhan iman, melalui Dia syukur dan pujian kuhantarkan, Amin

  12. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Tuhan Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita, tolonglah kami Tuhan didalam menghadapi segala persoalan yang menjadi pergumulan hidup kami saat ini, kami hampir-hampir sudah putus asa didalam menghadapi segala cobaan hidup kami saat ini, hanya engkaulah satu-satunya harapan kami yang diyakini dapat melepaskan kami dari segala persoalan hidup kami, baik dari masalah keuangan keluarga kami, masalah pekerjaan kami,nasalah kesehatan kami yg sedang dalam proses pemulihan dari Strook, dan segala usaha yg dapat kami lakukan didalam mengatasi persoalan yg menjadi beban hidup keluarga kami selama ini, Kiranya kasih karunia Rohol kudusmu dapat menuntun dan menyertai kami saat ini untuk mendapatkan dan membukakan jalan penyelesaian dari pergumulan kami saat ini, terima kasih Tuhan Yesus , Terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  13. vetra
    vetra says:

    Tuhan selalu menuntun dlm stiap langkah Hidup kita dan janjinya akan selalu nyata terjadi dlm Hidup kita. Amin Tuhan berkati

  14. desti halawa
    desti halawa says:

    amin,,,kepercayaan kepada TUHAN lah yang utama,,seberat apapun masalah dan sesulit apapun perjalanan hidup yang kita hadapi yakinlah bahwa tuhan pasti membukakan jalan bagi kita dan menyatakan kuasanya didalam diri kita.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *