Merasa Tidak Berarti?

Selasa, 2 Juni 2015

Merasa Tidak Berarti?

Baca: Mazmur 139:7-16

139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?

139:8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.

139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,

139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

139:11 Jika aku berkata: “Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,”

139:12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.

139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;

139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib. —Mazmur 139:14

Merasa Tidak Berarti?

Kita berada di antara tujuh milyar orang yang hidup bersama di atas sebuah planet mungil yang merupakan bagian kecil dari tata surya kita yang tidak terlalu berarti. Memang pada kenyataannya, bumi kita hanyalah satu titik biru yang kecil di antara jutaan benda-benda angkasa yang diciptakan Allah. Di alam semesta yang luar biasa luasnya itu, bumi kita yang indah dan megah terlihat seperti setitik kecil debu.

Kenyataan itu dapat membuat kita merasa sangat tidak berharga dan tidak berarti. Akan tetapi, firman Allah justru mengatakan yang sebaliknya. Allah kita yang Mahabesar, yang “menakar air laut dengan lekuk tangan-[Nya]” (Yes. 40:12), telah menempatkan setiap orang di planet bumi ini sebagai pribadi yang amat berharga, karena kita diciptakan menurut gambar-Nya.

Misalnya, Allah telah menciptakan segala sesuatu untuk kita nikmati (1Tim. 6:17). Selain itu, bagi semua orang yang telah mempercayai Yesus sebagai Juruselamat, Allah telah menetapkan tujuan hidupnya (Ef. 2:10). Kemudian juga hal ini: Walaupun dunia ini begitu luas, Allah tetap memperhatikan dengan dekat manusia satu demi satu. Mazmur 139 menyatakan bahwa Allah tahu apa yang akan kita ucapkan dan yang sedang kita pikirkan. Kita tidak dapat lari dari hadapan-Nya, dan Dia telah merancang keberadaan kita di bumi jauh sebelum kita lahir.

Janganlah kita merasa tidak berarti, karena Allah yang empunya alam semesta begitu memperhatikan kita! —Dave Branon

Tuhan, aku telah memandang luasnya angkasa, dan kulihat kebesaran dari kuasa-Mu yang tak terbatas. Namun, Engkau memandangku dari surga sebagai pribadi yang Engkau kenal, kasihi, dan perhatikan. Terima kasih Tuhan karena telah menganggapku berharga.

Allah yang menciptakan alam semesta adalah Allah yang mengasihimu.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 17–18; Yohanes 13:1-20

Bagikan Konten ini
24 replies
  1. Andra
    Andra says:

    When I in awesome wonder considering all the things in this worlds Thy hands have made… How great and amazing Thou art

  2. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Haleluya, terpujilah namamu bapa disurga, yang telah menciptakan alam semesta tempat tinggal hambamu dibumi yang teramat indah ini, kami sangat bersyukur dihadapanmu yang telah memperkenangkan lagi kami sekeluarga sampai hari ini dapat menghirup udara segar dan nafas penghidupan dari pemberianmu, Amin

  3. Tabita Wiwid
    Tabita Wiwid says:

    Tuhan sungguh mengasihiku… diantara milyaran orang yg tinggal di bumi yg merupakan titik kecil biru diantara benda langit langit lainnya… Tuhan tetap memperhatikanku

  4. meli
    meli says:

    Jatuh dalam pencobaan membuatku kita seakan tdk berharga lagi.
    Namun hari ini Tuhan bilang aku berharga.
    Tuhan tahu kok apa yang aku lakukan dan apa yg ada dalam hatiku.
    Terimakasih Tuhan.
    You are my Saviour.

  5. yeni rose
    yeni rose says:

    mengucap syukur atas kejadianku yang ajaib..
    Terima kasih ya Bapa Surgawiku.
    Biarlah segala bangsa datang menyembah kepadaMu.. Amin.

  6. Doni Cepri
    Doni Cepri says:

    Tuhanku berkuasa atas seluruh alam semesta..ajaib dan dahsyat segala perbuatan Mu..

  7. rose
    rose says:

    I will praise God; for I am fearfully&wonderfully made; marvellous are God works; and that my soul knoweth right well. Mauliate Jesus kejadianku dahsyat dan ajaib =)

  8. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , seluruh karya ciptaan-Mu sungguh indah tak tertandingi satu pun , sertai berkatilah kami semua untuk menyebarkan kasih-Mu dan keindahan karya ciptaa-Mu pada sesama kami serta mampukan kami untuk melestarikan kehidupan ciptaan-Mu yang ada di sekitar kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  9. Elsaday
    Elsaday says:

    Ku istimewa karna aku milik-Nya. Ku istimewa, berharga di mata-Nya.
    Percaya Tuhan yg menjadikanku seperti ini karna Dia ingin aku melakukan pekerjaan baik yg telah Ia persiapkan sebelumnya.
    Amen.. Give thanks.. God is able!♥

  10. Sada サーちゃん Rasmada
    Sada サーちゃん Rasmada says:

    ketika ak sadar bahwa Bapa selalu mengasihiku, ak tidak peduli ketika orang di luar sana mengganggapku ‘sampah’…

  11. septy
    septy says:

    aminnn. saat semua org menjauh dan memandang rendah aku tetapi hanya Engkau lah satu”nya yg menganggap ku berarti trimakasih Tuhan atas kasih dan berkat yg tlah Kau beri

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *