Berdoa Dahulu

Info

Senin, 13 April 2015

Berdoa Dahulu

Baca: 1 Samuel 23:1-5

23:1 Diberitahukanlah kepada Daud, begini: "Ketahuilah, orang Filistin berperang melawan kota Kehila dan menjarah tempat-tempat pengirikan."

23:2 Lalu bertanyalah Daud kepada TUHAN: "Apakah aku akan pergi mengalahkan orang Filistin itu?" Jawab TUHAN kepada Daud: "Pergilah, kalahkanlah orang Filistin itu dan selamatkanlah Kehila."

23:3 Tetapi orang-orang Daud berkata kepadanya: "Ingatlah, sedangkan di sini di Yehuda kita sudah dalam ketakutan, apalagi kalau kita pergi ke Kehila, melawan barisan perang orang Filistin."

23:4 Lalu bertanya pulalah Daud kepada TUHAN, maka TUHAN menjawab dia, firman-Nya: "Bersiaplah, pergilah ke Kehila, sebab Aku akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu."

23:5 Kemudian pergilah Daud dengan orang-orangnya ke Kehila; ia berperang melawan orang Filistin itu, dihalaunya ternak mereka dan ditimbulkannya kekalahan besar di antara mereka. Demikianlah Daud menyelamatkan penduduk Kehila.

Bertanyalah Daud kepada TUHAN. —1 Samuel 23:2

Berdoa Dahulu

Manakala saya dan suami mengawasi latihan piano putra kami, kami biasa memulainya dengan meminta Allah supaya menolong kami. Kami berdoa terlebih dahulu karena kami berdua sama sekali tidak bisa memainkan piano. Kami bertiga sama-sama belajar untuk memahami serba-serbi dalam musik, seperti arti istilah “staccato” dan “legato” dan waktu yang tepat untuk memainkan bilah-bilah hitam pada piano.

Doa menjadi prioritas ketika kita menyadari bahwa kita memerlukan pertolongan Allah. Daud membutuhkan pertolongan Allah dalam suatu situasi yang berbahaya ketika ia mempertimbangkan untuk bertempur melawan orang Filistin di Kehila. Sebelum mulai bertempur, “bertanyalah Daud kepada TUHAN: ‘Apakah aku akan pergi mengalahkan orang Filistin itu?’” (1Sam. 23:2). Allah memberikan persetujuan-Nya. Namun anak buah Daud mengakui bahwa kekuatan musuh telah membuat mereka gentar. Sekali lagi, sebelum mengangkat pedang melawan orang Filistin, Daud berdoa. Allah menjanjikan kemenangan yang kemudian memang diraihnya (ay.4).

Apakah doa menjadi penuntun hidup kita ataukah justru menjadi pilihan terakhir ketika kesulitan menerpa? Kita pun kadang terbiasa untuk membuat rencana terlebih dahulu, baru kemudian meminta Allah untuk memberkati rencana itu, atau berdoa hanya pada saat kita telah putus asa. Allah memang ingin kita datang kepada-Nya di saat-saat kita membutuhkan pertolongan, tetapi Dia juga ingin kita mengingat bahwa kita memerlukan-Nya setiap saat (Ams. 3:5-6). —Jennifer Benson Schuldt

Ya Allah, pimpinlah aku dalam menjalani hidup ini. Tolong aku untuk tidak bertindak menurut hikmatku sendiri, tetapi kiranya aku mencari kehendak-Mu dalam setiap situasi yang kuhadapi.

Allah ingin kita berdoa sebelum melakukan apa pun. —Oswald Chambers

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 22-24; Lukas 12:1-31

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

30 Komentar Kamu

  • kadang lupa untuk berserah … berdoa … dan hanya mengandalkan kemampuan sendiri … dengan ada renungan ini saya jd tau smua hrs dengan minta ijin utk berkat Tuhan Yesus…amin

  • Yah Tuhan Allah bapa kami Yesus Kristus yang berada didalam kerajaa surga, kiranya dengan doa yang hamba panjatkan kepadamu pada pagi hari ini engkau dapt mendengarkan dan menolong hambamu yang saat ini memerlukanmu untuk dapat mmberikan hmbamu jalan dalam menyelesaikan pergumulan kami sekeluarga di pagi hari ini,Terima kasih Tuhan Yesus tepujilah namamu bapa disurga, Amin

  • doa mengubah segalanya Amin

  • Desly Mandagi Andries

    Yesus hanya sejauh doa…

  • Kosianna Ambarita

    Ajari kami tuhan agar kami se nanti asa tau menyerahkan diri kami kepadamu setiap saat terpujilah namamu tuhan dari sekarang sampai selamalamanya amin “.

  • Amin. Yesus pun pagi-pagi benar sudah berdoa.

  • Makasih sharingnya.. Menguatkan kembali hati yang penuh dengan ketakutan dan kekhawatiran..
    Ketika ku berdoa mujizat itu pasti nyata..
    Amin..

  • TUHAN, sy merindukan hadirat-Mu selalu. hanya dengan berdoa sy bisa berkomunikasi dengan Engkau. sungguh TUHAN, sy selalu ingin berdoa dan mendengarkan suara-Mu. persoalan yg sedang sy hadapi didalam Engkau, sy percaya akan diubahkan menjadi sukacita. Amin.

  • grace putri dianty

    Doa orang benar bila didoakan dengan yakin besar kuasanya.

  • Prawiro Prasetyanto

    Syukur kpd Allah klo pagi ini kita msh dibri kesehatan dan kekuatan dari Nya. Terimakasih Tuhan Yesus atas penyertaan Mu dalam kehidupan kami , terimakasih atas berkatMu yg melimpah setiap hari . Ajari hambamu ini bergantung hanya kepadaMu . Doa adalah nafas kehidupan kita dg Sang Pencipta dan Doa adalah dahsat kuasanya.

  • perbuatan tanpa doa tdk akan berjalan mulus….

  • Hubungan Pribadi dengan Allah adalah hal yg paling utama dalam hidup kita, cara memulainya adalah dengan berdoa dan membangun komunikasi 2 arah denganNya, Dia juga menuntun dan menjawab doa kita melalui pembacaan Alkitab setiap hari. Mari kita bangun HPDA kita. Berdoalah dahulu 🙂

  • Tuhan biarlah didalam setiap perjalanan hidup saya… engkau selalu menyertai saya…. saya selama ini hanya mengndalkan apa sya pikirkan… tpi itu semua sia2…. tetapi hanya Engkaulah sumber hikmat itu.. ubah hidup saya ya Tuhan… agar saya hanya mengandalkan engkau saja.. Amin

  • saat kita menggunakan kuat kita sendiri

  • berdoa selalu membuat hati nyaman.
    walaupun hanya dalam pikiran tanpa berucap

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , saat berdoa membuat kita percaya , yakin dan merasakan damai sejahtera-Nya bahwa ALLAH selalu menyertai kita setiap hal yang kita lakukan.
    Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. (MARKUS 11 : 24)
    Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. (1 YOHANES 5 : 14)

  • doa adalah komunikasi kita dgn Allah, dan komunikasi diperlukaan setiap saat agar kita semakin akrab bergaul denga Yesus.

  • Setiap saat dan setiap waktu….kuingin selalu ingat namaMu……
    Amin….

  • ya Tuhan, pimpin lah aku dlm stiap langkahku. ajari aku utk slu menyenangkan hatiMu, bukan mendukakan hatiMu dengan dosa2 ku.
    ampuni aku Tuhan. ampuni aku Tuhan.

  • Manusia berencana,betul.namun Tuhan lah yg memutuskan.
    Manusia membuat proposal,namun biarkan Tuhan memutuskan ACC/tidak.
    jgn paksa/mendikte Tuhan meng-ACC dan memberkati proposal kita. ask Him. Let Him decide the best for us.

  • Dalam segala situasi dan keadaan, berdoalah kepada Allah yang maha kasih dan maha kuasa. Berdoa senantiasa merupakan salah satu ciri orang yang selalu mengandalkan-Nya. Doa yang berdasarkan kebenaran Firman Allah sangat besar kuasanya. Terpujilah Allah. Selamat beraktivitas. Tuhan memberkati.

  • love so much sama renungan hari ini, semoga mulai sekarang kita bisa praktik berdoa sebelum mengambil keputusan dan bertindak dimanapun kita berada. Amin…

  • sbnrnya yang menjadi masalah adalah kita selalu membatasi waktu atau jam2 doa kita sprti stlh bangun pagi atau sblm tidur atau sblm makan,dll,sehingga doa menjadi seperti kewajiban bukan kebutuhan. Kemudian yg menjadi masalah selanjutnya adalah kita berdoa dengan pikiran kita sehingga kita lelah sendiri..seharusnya roh kudus dalam diri kita yang berdoa sehingga tepat apa yg kita doakan. Oleh karena itu berdoalah dimana kamu merasa harus berdoa. Doa tidak harus menutup mata dan melipat tangan..ketika kita di lampu merah sambil memegang kemudi..bisa doa dalam hati..misalnya Tuhan Yesus lindungi aku dlm perjalanan.berulang ulang mengatakannya. Atau ketika kita sedang berjalan sendirian tiba2 merasa takut perasaan kita..bisa doa dalam hati sambil terus berjalan..ucapkan dalam hati..Tuhan Yesus lindungi aku terus menerus berulang2..sampai kita tidak merasa takut lagi.dan doa tersebut dapat kita ubah tergantung situasi kita..misal..Tuhan Yesus penolongku (ketika kita sedang kesulitan) ucapkan berulang2 sampai hati kita merasa tenang.

  • Tuhan baik perkara yg sgt kcil hingga perkara yg besar biar kmi tetap menanya kpdMu,tetap berdoa,AMEN

  • “Tetaplah Berdoa” – 1 Tesalonika 5 : 17

  • Terima kasih Tuhan, Engkau kembali mengingatkan ku unt bertanya dahulu sblm bertindak. Praise Adonai….

  • tetaplah berdoa

  • maaf kan kami Tuhan,sering melupakan mu 🙁

  • pray without ceasing…

  • God only as far as prayer ????

Bagikan Komentar Kamu!