Allah Selalu Mendengar

Minggu, 15 Maret 2015

Allah Selalu Mendengar

Baca: Mazmur 5

5:1 Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan suling. Mazmur Daud.

5:2 Berilah telinga kepada perkataanku, ya TUHAN, indahkanlah keluh kesahku.

5:3 Perhatikanlah teriakku minta tolong, ya Rajaku dan Allahku, sebab kepada-Mulah aku berdoa.

5:4 TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.

5:5 Sebab Engkau bukanlah Allah yang berkenan kepada kefasikan; orang jahat takkan menumpang pada-Mu.

5:6 Pembual tidak akan tahan di depan mata-Mu; Engkau membenci semua orang yang melakukan kejahatan.

5:7 Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong, TUHAN jijik melihat penumpah darah dan penipu.

5:8 Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.

5:9 TUHAN, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu karena seteruku; ratakanlah jalan-Mu di depanku.

5:10 Sebab perkataan mereka tidak ada yang jujur, batin mereka penuh kebusukan, kerongkongan mereka seperti kubur ternganga, lidah mereka merayu-rayu.

5:11 Biarlah mereka menanggung kesalahan mereka, ya Allah, biarlah mereka jatuh karena rancangannya sendiri; buanglah mereka karena banyaknya pelanggaran mereka, sebab mereka memberontak terhadap Engkau.

5:12 Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu.

5:13 Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu. —Mazmur 5:4

Allah Selalu Mendengar

Sehari sebelum Billy Graham diwawancarai dalam acara televisi Amerika The Today Show, direktur humasnya, Larry Ross, meminta disediakan satu ruangan khusus yang dapat dipakai Graham untuk berdoa sebelum diwawancara. Namun ketika Graham tiba di studio, asistennya memberitahukan kepada Ross bahwa Graham tidak memerlukan ruangan khusus itu. Asisten itu berkata, “Tn. Graham mulai berdoa saat ia bangun tadi pagi, ia berdoa saat sarapan, ia berdoa di dalam mobil selama perjalanan menuju studio, dan kemungkinan Graham juga terus berdoa selama wawancara berlangsung.” Di kemudian hari, Ross mengatakan, “Itu menjadi pelajaran yang sangat penting yang saya terima sebagai seorang pemuda.”

Berdoa bukanlah suatu peristiwa, melainkan sebuah cara untuk menjalin hubungan dengan Allah. Hubungan yang dekat dengan Allah seperti itu terbangun ketika umat Allah menjadikan doa sebagai gaya hidup mereka. Ayat-ayat dalam kitab Mazmur mendorong kita untuk memulai setiap hari dengan seruan kepada Tuhan (Mzm. 5:4); untuk mengisi hari-hari kita dengan percakapan dengan Allah (55:18); dan untuk berserah sepenuhnya dalam doa tatkala kita menghadapi tuduhan dan fitnah (109:4). Kita menjadikan doa sebagai gaya hidup karena kita rindu bersama Allah (42:2-5; 84:2-3; 130:5-6).

Doa adalah cara kita untuk menjalin hubungan dengan Allah dalam segala kondisi kehidupan. Allah selalu mendengar doa kita. Kita dapat berdoa kepada-Nya setiap saat di sepanjang hari. —Marvin Williams

Satu hal apa yang menjadi penghalang utama dalam membangun kehidupan doamu? Perubahan apa yang kamu rasakan ingin dikerjakan Allah dalam hatimu agar kemudian kamu menghayati doa sebagai gaya hidup?

Ketika kita berdoa, Allah tidak hanya mendengarkan apa yang kamu ucapkan, tetapi Dia juga mendengarkan isi hatimu.

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 26-27; Markus 14:27-53

Photo credit: Connor Tarter / Foter / CC BY-SA

Bagikan Konten Ini
17 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Tuhan Allah bapa kami yang berada didalam kerajaan surga, kiranya doa hambamu yang dipanjatkan kehadiratmu pada waktu tengah malam dan pagi hari kiranya engkau dapat mendengarnya doa yang hamba sapaikan kepadamu,dan kiranya engkau dapat memberikan jawaban melalui kasih karunia roholkudusmu kepada hambamu yang sangat mengharapkan akan pertolongnmu didalam pergumulan kehidupan kami sekekeluarga saat ini,Terpujilahj namamu bap disurga, Amin

  2. Rahel Alvi Pratika
    Rahel Alvi Pratika says:

    Terpujilah Tuhan Yesus, Raja atas segala Raja. Firman yg selalu baru tiap hari. Firman hidup yg tiada berkesudah tiap hari. Kerinduanku utk selalu dekat denganNya dan taat berdoa padaNya karna doa adalah nafasku sebagai anak Allah. Dan jawaban Tuhan selalu tepat pada waktuNya. Amin

  3. SULAMYA JOSEPH
    SULAMYA JOSEPH says:

    Tuhan,kmi mau trus bljar d bljar d slu berhubungan dgnMu lewat Doa,d biarlah itu slu berlangsung d kmi tidak meninggalkn Engkau Bapaku,Yesusku,Roh Kudusku.

  4. Marsinta Hutabarat
    Marsinta Hutabarat says:

    Aku bersyukur menjadi milikMu, Allah yg selalu ada dlm hidupku disetiap musim, Tuhan Yesus…terima kasih atas anugerahMu, Amin.

  5. ray alamako
    ray alamako says:

    Marilah kita membangun dan menjaga kehidupan doa kita dengan motivasi dan kesadaran yg benar. Tidak hanya menyampaikan permohonan dan pergumulan hidup, tetapi juga mengungkapkan rasa ucapan syukur kita kepada Dia. Selamat hari Minggu. Tuhan Yesus memberkati.

  6. Christiani Simbolon
    Christiani Simbolon says:

    Allah lebih dari seorang kekasih,Dia slalu tahu apa yg kita lakukan,dimana kita berada,bagaimana perasaan kita.. curhat kepadanya adalah jalan terbaik dalam hidupku.. menyerahkan segalanya hanya dalam tangannya..
    Trimakasih Allahku,sungguh besar kasihMu kepadaku..

  7. Yu Ma La
    Yu Ma La says:

    Tuhan selalu ada dimanapun kita berada. Dia tau isi hati kita dia tau pemikiran kita dia tau saat kita membutuhkannya…
    Trimakasih Tuhan,
    I love Yesus.

  8. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga, segala doa, pergumulan serta semua isi hati kita yang terdalam pasti di dengarkan oleh TUHAN dengan kebaikan kasih-Nya sepanjang masa pada kita semua. 1 Yohanes 5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya), Markus 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

  9. silvana
    silvana says:

    Trmksi atas renungannya..puji Tuhan uda bbrp minggu ini sy tdk pernh bolong2 doanya pagi maupun malam. Dn kalau g doa rasanya gelisah..dn wlwpn dlm keadaan ngantuk yg berat, sy cb buat taat utk doa pagi dn malam serta sate..trmksi wrungsate yg ngingtin trnyta klo doa itu bkn hny skdr doa utk berbicra kpd Tuhan sblm memulai aktvas dn mengkhiri aktvtas, melainkn hrusla jd gaya hdup kita..trmksi warungsate :)… d tggu utk renungan brktnya ya..syalom

  10. diana chan
    diana chan says:

    Terima kasih Tuhan Yesus…
    ajar kami utk tetap taat dan setia hanya kepadaMu ya Bapa…
    dalam nama Yesus, haleluya………..
    amin…………..

  11. yuchan
    yuchan says:

    Saya ingin bertanya.. Apakah benar kita nggak perlu mengucapkan doa yang ingin kita sampaikan sama Tuhan secara berulang ulang? Karena Tuhan udah tau apa yang kita minta dgn hanya sekali mengucap.. Tapi ada juga yang mengatakan kita harus selalu membawa pergumulan kita di dalam Doa kan..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *