Bertindaklah!

Sabtu, 30 Agustus 2014

Bertindaklah!

Baca: 2 Tawarikh 15:1-12

15:1 Azarya bin Oded dihinggapi Roh Allah.

15:2 Ia pergi menemui Asa dan berkata kepadanya: "Dengarlah kepadaku, Asa dan seluruh Yehuda dan Benyamin! TUHAN beserta dengan kamu bilamana kamu beserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya.

15:3 Lama sekali Israel tanpa Allah yang benar, tanpa ajaran dari pada imam dan tanpa hukum.

15:4 Tetapi dalam kesesakan mereka berbalik kepada TUHAN, Allah orang Israel. Mereka mencari-Nya, dan Ia berkenan ditemui oleh mereka.

15:5 Pada zaman itu tidak dapat orang pergi dan pulang dengan selamat, karena terdapat kekacauan yang besar di antara segenap penduduk daerah-daerah.

15:6 Bangsa menghancurkan bangsa, kota menghancurkan kota, karena Allah mengacaukan mereka dengan berbagai-bagai kesesakan.

15:7 Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!"

15:8 Ketika Asa mendengar perkataan nubuat yang diucapkan oleh nabi Azarya bin Oded itu, ia menguatkan hatinya dan menyingkirkan dewa-dewa kejijikan dari seluruh tanah Yehuda dan Benyamin dan dari kota-kota yang direbutnya di pegunungan Efraim. Ia membaharui mezbah TUHAN yang ada di depan balai Bait Suci TUHAN.

15:9 Ia mengumpulkan seluruh Yehuda dan Benyamin dan orang-orang Efraim, Manasye dan Simeon yang tinggal di antara mereka sebagai orang asing. Sebab dari Israel banyak yang menyeberang memihak kepadanya ketika mereka melihat bahwa TUHAN, Allahnya, beserta dengan dia.

15:10 Mereka berkumpul di Yerusalem pada bulan ketiga tahun kelima belas dari pemerintahan Asa.

15:11 Pada hari itu mereka mempersembahkan kepada TUHAN tujuh ratus lembu sapi dan tujuh ribu kambing domba dari jarahan yang mereka bawa pulang.

15:12 Mereka mengadakan perjanjian untuk mencari TUHAN, Allah nenek moyang mereka, dengan segenap hati dan jiwa.

[Asa] menguatkan hatinya dan menyingkirkan dewa-dewa kejijikan dari seluruh tanah Yehuda. . . . Ia membaharui mezbah TUHAN yang ada di depan balai Bait Suci TUHAN. —2 Tawarikh 15:8

Bertindaklah!

Saat seekor marmot tanah mulai menggerogoti garasi kami (maksud saya, kusen garasinya), saya membeli sebuah perangkap dengan maksud untuk menjebak binatang kecil itu. Saya memasang umpan dari beragam makanan, lalu membuka pintu perangkapnya. Esok paginya, saya pikir akan melihat makhluk kecil itu ada di dalam perangkap tersebut—tetapi bukan marmot tanah yang tertangkap, melainkan seekor musang yang dapat mengeluarkan bau busuk.

Saya segera mencari tahu melalui internet cara untuk melepas musang itu tanpa bau busuknya. Solusinya mengharuskan saya untuk berhati-hati dan melindungi diri saat melepas musang itu. Yang perlu disiapkan antara lain: kantong plastik, sarung tangan, terpal, selimut, dan kacamata pelindung. Kelihatannya begitu ngeri dan berbahaya.

Namun kemudian Ewing, menantu saya, ikut turun tangan. Yang ia lakukan hanyalah berjalan mendekati perangkap itu, membuka pintunya, dan mendorong binatang kecil itu keluar dengan beberapa semprotan air ledeng.

Terkadang ketakutan dapat melumpuhkan kita. Kita begitu mengkhawatirkan diri sendiri sehingga untuk melangkah saja kita enggan. Ketika Raja Asa memahami bahwa Tuhan menghendaki dirinya untuk mengenyahkan dewa-dewa berhala dari tanah Israel, ia “menguatkan hatinya” (2Taw. 15:8). Ia bisa saja dihadapkan pada pemberontakan rakyat karena tindakannya tersebut. Namun ia pun bertindak, dan alhasil, bangsa itu bersukaria (ay.15).

Apakah kamu sedang menghadapi tantangan dalam iman? Tuhan akan menolongmu untuk bertindak dengan penuh keberanian dan menyerahkan hasil dari tindakan itu kepada-Nya. —JDB

Meski jalannya keras dan suram,
Dan ujungnya jauh tidak terlihat,
Melangkahlah berani, kuat atau lelah;
Percayai Allah dan lakukan yang benar. —Macleod

Keberanian adalah rasa takut yang telah dibawa dalam doa.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. galih
    galih says:

    ya TUHAN ampuni segala dosa dan kesalahan kami, berikan kami keberanian untuk dapat melakukan perbuatan yang benar dan dapat mengungkapkan rasa syukur kami kepada-Mu selalu. Gbu us all. Amen

  2. zesa
    zesa says:

    Yesus Kau dasar yg teguh… amanku bersamaMu… kupercaya akan FirmanMu.. smoga hari2 ini smakin bnyak org yg menaruh keyakinannya pada Alla.. Yesus Tuhan Kita… aminnnnn!!

  3. ika
    ika says:

    Tuhan mampukan kami untuk tetap berani bertindak dan berani berbuat jujur dalam segala keadaan,meskipun keadaan tersebut merayu kami untuk menyangkalMu. Biarkan kami tumbuh dalam Kasih Mu dan kami dapat menyatakan kasihMu kepada dunia ini. 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *