Ulasan Buku: Ketika Alkitab Diinvestigasi

Info

Oleh: Samuel Sindhunata

Cold-Case-Christianity

Judul buku: Cold-Case Christianity

Penulis: J. Warner Wallace

Tebal: 351 halaman

Edisi Indonesia diterbitkan oleh:
Literatur SAAT (Seminari Alkitab Asia Tenggara)

 

Sampul buku ini mungkin membuat Anda menduga sedang berhadapan dengan sebuah novel. Apalagi bagian pertama yang disuguhkan adalah sebuah kasus seperti yang biasa Anda temukan dalam novel misteri atau komik detektif. Kasus yang diangkat adalah kasus nyata yang dialami sendiri oleh J.Warner Wallace, pengarang buku ini.

Wallace sendiri dulunya bekerja sebagai detektif. Karena sebelumnya adalah seorang ateis, Wallace pun menggunakan pengalamannya dalam bidang investigasi untuk menganalisa dan membuktikan bahwa Alkitab itu tidak benar. Penyelidikan pertamanya dimulai dari Perjanjian Baru. Namun, hasil analisanya justru menunjukkan bahwa kebenaran Alkitab tidak perlu diragukan.

Jika Anda sendiri tidak seratus persen yakin dengan kebenaran Perjanjian Baru yang berisi kumpulan surat dan cerita tentang Yesus, buku ini sangat menarik untuk dibaca. Apa bukti nyata yang bisa membuat kita yakin bahwa Perjanjian Baru ini tidak pernah diubah isinya dalam sejarah gereja? Apa buktinya kisah Injil itu benar dan Yesus Kristus bukanlah sosok fiktif yang dikarang sekelompok orang pada zaman itu? Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting, karena bila Yesus Kristus adalah sosok yang tidak nyata dalam sejarah, artinya kekristenan itu omong kosong belaka.

Keahlian investigasi Wallace terlihat ketika ia mengupas semua Kitab Injil satu demi satu. Beliau juga memaparkan banyak bukti yang menunjukkan bahwa Injil adalah catatan yang terjaga keasliannya. Sekalipun hanya ada satu kitab Injil yang ditulis oleh murid yang langsung diajar oleh Yesus, namun peristiwa-peristiwa yang terjadi di zaman itu diceritakan dengan tepat oleh semua kitab Injil.

Membaca buku ini akan banyak membuka wawasan kita sehingga dapat menceritakan kebenaran Yesus Kristus dengan penuh keyakinan. Bukti-bukti yang dipaparkan dalam buku ini meneguhkan fakta tentang kebenaran dan keaslian dari naskah Injil dan surat-surat dalam Perjanjian Baru. Iman Kristen yang diturunkan kepada kita bukanlah sebuah omong kosong, tetapi sebuah keyakinan yang memiliki landasan sejarah yang sangat kokoh.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Pena Kamu, Ulasan Buku

4 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!