Yuk Doakan Hal-Hal Kecil

Info

Oleh: Sandra Cory Clarisa Tarigan

filipi46

Sebagai anak Allah, gue sangat percaya kalau setiap perkataan yang gue ucapin dalam doa itu sungguh diperhatikan oleh Bapa di surga. Dengan kesadaran itu, gue sangat suka mendoakan detil-detil kecil dalam hidup. Misalnya saja, waktu gue mau belanja, gue berdoa, “Tuhan, arahkan aku ke toko yang bagus dan harganya murah, supaya aku bisa beli barang yang memang aku butuhkan dan enggak boros.” Atau, waktu gue siap-siap mau ke gereja dan hujan turun dengan derasnya, gue berdoa, ”Tuhan, tolonglah supaya hujannya berhenti setidaknya 15 menit sebelum gue berangkat.” Atau, waktu gue ke-ge-er-an sama temen cowok yang baik banget, gue berdoa, “Tuhan, tolong aku supaya tahu bagaimana berinteraksi dengan bijak terhadap dia.

Mungkin doa-doa sederhana macam itu kedengarannya gak penting banget. Tapi, bukankah Tuhan sendiri mengundang kita untuk menyampaikan keinginan-keinginan hati kita dalam doa?

Filipi 4:6 berkata:
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Lebih dari sekadar mendengarkan doa kita, Bapa di surga tahu cara terbaik untuk menjawabnya. Pernah suatu kali gue janjian untuk ketemu via LINE dengan pembimbing rohani gue yang ada di luar negeri. Pergilah gue ke tempat makan dengan fasilitas wi-fi. Mendadak gue sadar kalo baterai tablet gue tinggal 3%. Gue gak tau harus gimana, tapi gue yakin Bapa di surga tahu gimana mengatasi situasi itu. Jadi, gue berdoa di situ sambil megang tablet gue, “Tuhan, tolonglah supaya dengan baterai 3% ini aku masih bisa ngobrol dengan kak Tesa.” Betapa terkejutnya gue ketika beberapa menit kemudian seorang teman gue datang ke tempat makan itu dengan membawa tablet yang baterainya masih penuh, dan dia gak keberatan meminjamkannya untuk gue pakai selama dia di situ! Senang banget akhirnya bisa ngobrol puas dengan pembimbing rohani gue. Duh, tadinya gue kira solusi masalah gue berfokus pada tablet gue, tapi ternyata, Tuhan yang tahu betul kebutuhan gue, punya ide yang lebih bagus.

Well, adakalanya Tuhan tidak menjawab doa kita seperti yang kita mau. Tapi, satu hal yang bisa kita yakini adalah, Dia tahu apa yang terbaik buat kita. Jadi, jangan ragu berbicara kepada Tuhan tentang hal-hal yang kecil. Tentang baju yang akan kita pakai misalnya. Kita bisa minta Tuhan kasih hikmat agar bisa memilih pakaian yang pantas. Atau tentang kado yang akan kita berikan untuk seseorang. Kita bisa minta Tuhan arahkan kita untuk memberikan kado yang tepat, sesuai dengan kebutuhan orang itu. Dengan membiasakan diri membawa hal-hal yang kelihatan remeh-temeh ini dalam doa, sebenarnya kita sedang melatih diri untuk hidup bergantung penuh pada Tuhan. Kita tidak mengandalkan diri sendiri, tetapi melibatkan Tuhan dalam segala aspek hidup kita.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Artikel, Personal

2 Komentar Kamu

  • yaaaaapss ini bener banget :’)
    4 tahun lalu aku dapet ayat sidi ini 🙂 ini ngajarin aku buat terus berdoa , apa pun yang ada selalu aku bawa dalam doa termasuk hal yang kecil sekalipun
    sama kaya yang penulis bilang , aku juga pernah ngalamin hal itu waktu mau ke toko beli barang atau pas lagi mau grj tapi hujan deres banget, atau pas lagi ada sesuatu sama si doi.
    doa dan ucapan syukur mengubah banget 🙂
    Dia tau apa yang terbaik buat kita 🙂

  • Yesus benar2 baik n selalu mendengarkan doa2 kita.

Bagikan Komentar Kamu!