Suatu Daftar Permohonan Baru

Info

Minggu, 18 Mei 2014

Suatu Daftar Permohonan Baru

Baca: Roma 12:6-21

12:6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.

12:7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;

12:8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.

12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

12:13 Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan!

12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!

12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!

12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!

12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. —Roma 12:10

Suatu Daftar Permohonan Baru

Seorang sahabat mengatakan kepada saya bahwa ia baru saja menyelesaikan salah satu hal dalam daftar permohonannya (daftar yang berisi hal-hal yang ingin dilakukan sebelum meninggal dunia) ketika ia berhasil mengajak saudarinya ke Eropa. Walaupun sahabat saya itu pernah berkunjung ke Eropa beberapa kali, saudarinya belum pernah ke sana. Yang membuat saya kagum adalah sikapnya yang tidak mementingkan diri sendiri dengan mencantumkan keinginan untuk saudarinya itu dalam daftar permohonan miliknya. Hal itu membuat saya bertanya-tanya ada berapa banyak kerinduan dan tujuan saya yang dimaksudkan untuk kebaikan orang lain, dan bukan untuk diri saya sendiri.

Roma 12:6-21 berbicara mengenai karunia-karunia dari Allah bagi kita sebagai anggota tubuh Kristus dan bagaimana seharusnya kita menggunakan segala karunia itu dalam kehidupan sehari-hari. Semua karunia itu haruslah digunakan untuk kepentingan sesama. Misalnya, mengajar tidak dilakukan untuk memuaskan diri si pengajar, tetapi demi kepentingan orang lain. Demikian juga dengan karunia-karunia lain dalam ayat 6-8. Paulus merangkum sikap murah hati semacam ini dengan dorongan agar kita “saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat” (ay.10).

Paulus meneladankan sikap ini dengan cara menyertakan orang lain dalam pelayanannya dan memberi hidupnya untuk membangun generasi orang percaya yang akan datang. Perilakunya dituntun oleh sifat murah hati, keramah-tamahan, pengampunan, dan belas kasihan.

Membagikan karunia yang telah Allah berikan kepada kita patutlah menjadi salah satu tujuan hidup kita. —DCM

Berikan kami karunia untuk memberi
Dengan semangat yang besar dan leluasa,
Hingga seluruh hidup dan penghidupan kami
Kami boleh persembahkan kepada-Mu. —Murray

Untuk kehidupan rohani yang lebih sehat, latihlah kerendahan hati dan kepedulian terhadap sesama.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

4 Komentar Kamu

  • mari memohon pada Tuhan untuk memberi kita karunia yg luarbiasa dan menjadi berkat bagi orang lain demi kemuliaan nama Tuhan Yesus

  • Memberikan apa yng dapat kita berikan kepada sesama, tanpa memandang siapapun, seperti Kasih karunia yng TUHAN berikan.
    GOD bless 🙂

  • dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperatikan kepentingannya sendiri,tetapi kepentingan orang lain juga.5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama,menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.Pilipi 2 : 4,5

  • apakah benar orang orang kristen seperti itu ? tidak juga. saya juga beragama kristen tetapi banyak org kristen disekeliling saya yg angkuh dan memandang sebelah mata org lain apalagi jika mereka org miskin, jelek, tak mampu. sudahkah berkat itu dibagikan kepada sesama ?

    mari direnungkan sendiri

Bagikan Komentar Kamu!