Sebuah Nama Yang Sesuai

Info

Sabtu, 24 Mei 2014

Sebuah Nama Yang Sesuai

Baca: Matius 1:18-25

1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:

1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Engkau akan menamakan Dia Yesus. —Matius 1:21

Sebuah Nama Yang Sesuai

Nama negara Indonesia tersusun dari dua kata dalam bahasa Yunani yang ketika digabungkan berarti “kepulauan”. Nama itu sangat sesuai karena Indonesia merupakan suatu negara yang terdiri lebih dari 17.500 pulau yang terbentang dalam wilayah seluas 1,2 juta kilometer persegi. Indonesia—nama yang sesuai untuk suatu negara kepulauan.

Dalam Alkitab, kita menjumpai bahwa orang sering dianugerahi nama—ada yang dinamai pada saat ia dilahirkan, ada yang dinamai pada kemudian hari—yang menjadi pernyataan tentang diri mereka atau karakter mereka. Barnabas, yang namanya berarti “anak penghiburan”, merupakan pribadi yang senang memberikan dorongan semangat dan penghiburan kepada orang-orang yang dijumpainya. Yakub, yang namanya berarti “penipu”, berulang kali memanipulasi orang dan situasi yang ada demi kepentingan dirinya sendiri.

Namun tidak seorang pun yang mempunyai nama yang begitu sesuai seperti nama Yesus. Ketika malaikat Tuhan berbicara kepada Yusuf tentang Anak yang akan segera dilahirkan oleh Maria, malaikat itu memerintahkan kepada Yusuf, “Engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Mat. 1:21).

Yesus berarti “Tuhan menyelamatkan” dan nama itu menjelaskan tentang siapakah diri Yesus dan maksud dari kedatangan-Nya ke dunia. Dia juga disebut Imanuel, yang berarti “Allah menyertai kita” (1:23). Nama Yesus mengungkapkan pengharapan kita yang abadi! —WEC

Manisnya nama Penebus
Untuk yang beriman:
Pelipur lara hati yang sendu;
Yang takut pun tent’ram. —Newton
(Kidung Jemaat, No. 386)

Nama Yesus itu pusat dari iman dan pengharapan kita.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

2 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!