Jangan Kehilangan Bola

Info

tangkap-bola

Dalam dunia olahraga kita mengenal prinsip: jangan sampai kehilangan bola—jika perlu kejarlah bola itu sampai ke luar lapangan permainan. Dalam olahraga bisbol, para pemain yang bertugas menangkap bola harus dapat melakukannya sebelum bola itu menyentuh tanah. Usaha keras itulah yang ditunjukkan tim nasional bisbol Kuba demi meraih emas dalam Olimpiade Barcelona.

Hal itu berlaku dalam dunia olahraga, suatu permainan yang tidak berarti besar. Meskipun demikian, alangkah pentingnya seseorang berjuang untuk mempertahankan sesuatu! Berjuang agar tidak kehilangan bola juga berkaitan dengan apa yang penting dalam hidup ini, terutama dalam kehidupan rohani.

Kita semua pernah mengalami situasi di mana kita harus berjuang sampai batas akhir kekuatan kita untuk memulihkan kembali seseorang yang kita kasihi. Terkadang di sekitar kita ada orang-orang yang merasa sulit untuk bangkit kembali. Mereka tidak mau mendengar nasihat orang lain atas masalah yang mereka hadapi, dan semakin sering kita menasihati mereka, semakin mereka mengabaikannya. Mungkin kita pernah memberi tahu mereka untuk bergantung kepada Allah, tetapi mereka tidak menurutinya dan kita seakan kehabisan waktu. Lalu kita pun kehilangan semangat, karena kita berpikir segalanya sia-sia saja. Kita akhirnya berkata, “Mustahil ia dapat mengenal Tuhan.”

Keputusasaan yang menimpa kita juga dialami oleh orang Israel kuno. Mungkin Anda berkata, “Kau tak tahu betapa keras kepalanya orang itu.” Sekalipun pergumulan itu terasa begitu berat, Allah hendak mengajar kita untuk terus maju. Kita harus terus berdoa baginya, terus berbicara dengan penuh hikmat dan kasih, sehingga dalam setiap kesempatan, kita tidak berputus asa tetapi juga tidak terdengar menggurui. Sekalipun sangat sulit melakukannya, atau telah lama kita berusaha, yakinlah bahwa orang tersebut tidaklah mustahil untuk berubah. Allah dapat berbicara kepada dirinya dan hatinya.

Kita harus terus maju dengan mengandalkan kuasa Allah. Kita perlu berdoa, bersaksi, dan bersikap sebagaimana yang Allah kehendaki dari kita. Pada waktunya kelak, di saat-saat yang tidak terduga, kita akan menerima kejutan. Kejutan yang luar biasa indahnya. Semua itu tergantung pada perjuangan kita.

Teruslah berjuang dan berdoa untuk setiap orang.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Saat Teduh Lainnya, SaTe Kamu

Ayo berikan komentar yang pertama!

Bagikan Komentar Kamu!