Memeriksa Oli

Info

Jumat, 4 April 2014

Memeriksa Oli

Baca: Mazmur 5

5:1 Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan suling. Mazmur Daud.

5:2 Berilah telinga kepada perkataanku, ya TUHAN, indahkanlah keluh kesahku.

5:3 Perhatikanlah teriakku minta tolong, ya Rajaku dan Allahku, sebab kepada-Mulah aku berdoa.

5:4 TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.

5:5 Sebab Engkau bukanlah Allah yang berkenan kepada kefasikan; orang jahat takkan menumpang pada-Mu.

5:6 Pembual tidak akan tahan di depan mata-Mu; Engkau membenci semua orang yang melakukan kejahatan.

5:7 Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong, TUHAN jijik melihat penumpah darah dan penipu.

5:8 Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.

5:9 TUHAN, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu karena seteruku; ratakanlah jalan-Mu di depanku.

5:10 Sebab perkataan mereka tidak ada yang jujur, batin mereka penuh kebusukan, kerongkongan mereka seperti kubur ternganga, lidah mereka merayu-rayu.

5:11 Biarlah mereka menanggung kesalahan mereka, ya Allah, biarlah mereka jatuh karena rancangannya sendiri; buanglah mereka karena banyaknya pelanggaran mereka, sebab mereka memberontak terhadap Engkau.

5:12 Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu.

5:13 Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

Sebab kepada-Mu aku berdoa, ya TUHAN, dengarlah seruanku di waktu pagi. Pagi-pagi kubawa persembahanku dan kunantikan jawaban-Mu, ya TUHAN. —Mazmur 5:4 BIS

Memeriksa Oli

Ketika dahulu menolong putri-putri saya belajar mengemudi, saya memberikan sedikit instruksi tentang perawatan dasar bagi mobil. Kami mengunjungi sebuah bengkel mobil di lingkungan kami dan mereka belajar untuk memeriksa oli mobil setiap kali mengisi bensin. Saat ini, bertahun-tahun kemudian, mereka masih mengingatkan saya tentang sebuah slogan enam kata yang pernah saya ajarkan, “Oli itu murah, mesin itu mahal.” Harga 1 liter oli tidaklah sebanding dengan biaya mengganti sebuah mesin.

Pemeliharaan juga penting dilakukan bagi kehidupan rohani kita. Mengambil waktu setiap hari untuk membaca Alkitab, berdoa, dan mendengarkan Tuhan adalah unsur kunci untuk mencegah terjadinya kebobrokan jiwa. Dalam Mazmur 5, Daud menulis, “Sebab kepada-Mu aku berdoa, ya TUHAN, dengarlah seruanku di waktu pagi. Pagi-pagi kubawa persembahanku” (ay.4 BIS). Dalam ayat-ayat berikutnya, Daud mencurahkan isi hatinya dalam pujian, ucapan syukur, dan permohonan doa kepada Allah.

Banyak orang merasa perlu untuk memulai hari demi hari yang akan dilaluinya bersama Tuhan. Sebelum membaca surat elektronik, menyaksikan berita, atau bahkan menikmati sarapan, mereka mengambil suatu waktu teduh untuk membaca satu bagian dari firman Allah, memuji kebesaran-Nya, mengucap syukur atas kasih-Nya, dan meminta petunjuk-Nya. Ada juga yang memilih untuk membaca dan berdoa pada waktu-waktu yang lain dari satu hari yang dilaluinya.

Demikianlah cara kita memelihara kehidupan rohani kita, yaitu dengan memohon kepada Tuhan agar hari demi hari Dia mengisi hati kita dengan kehadiran-Nya dalam setiap langkah kehidupan. —DCM

Beriku keinginan yang kuat, ya Tuhan, untuk merenungkan
firman-Mu setiap hari. Tolong aku untuk menyimpannya
dalam hatiku sehingga aku tak menyimpang dari kebenaran-Mu.
Puaskan dan ajarkanku tentang diri-Mu dan kehendak-Mu untukku.

Hidup yang teguh adalah hidup yang berlandaskan firman Allah dan doa.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

3 Komentar Kamu

  • Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita,..
    ..Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

    Bagaimana kita dapat menikmati hadirat Tuhan dalam hidup kita?
    Yaitu dengan tinggal di dalam Tuhan.

    Sisikan waktu setiap hari untuk bersaat teduh dengan Tuhan.
    Ambil waktu untuk berdoa mengucap syukur kepada Tuhan.

  • Membiasakan setiap hari untuk berdoa, membaca & merenungkan Firman Tuhan serta mengucap syukur selalu akan membuat hati dan jiwa terasa damai serta tidak ada rasa khawatir apa pun karena Tuhan menyertai kita selalu. Amin.
    Gbu us all.

  • Bernatal Manurung

    Disiplin rohani dimulai dari kerendahan hati mengagumi dan memuliakan nama Tuhan

Bagikan Komentar Kamu!