Sharing: Bullying seperti apa yang pernah kamu saksikan?

Info

featured-2014-03-sharing-inside

Masih ingat dongeng “Itik Buruk Rupa” dari Hans Christian Andersen? Jadi, ceritanya seekor anak itik yang menetas dan dibesarkan bersama sekelompok anak bebek menjadi bahan ejekan dan di-bully karena parasnya yang berbeda dari saudara-saudaranya. Sang itik buruk rupa dikucilkan, ditolak dan dijadikan bulan-bulanan. Sayangnya, tidak hanya dalam dongeng, bully masih kerapkali kita temukan di lingkungan dan pergaulan kita setiap hari. Bullying seperti apa yang pernah kamu saksikan? Menurutmu, mengapa orang melakukannya? Ayo bagikan jawabanmu melalui kolom komentar di bawah ini.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 03 - Maret 2014: Mulutmu Harimaumu, Sharing Kamu, Tema 2014

16 Komentar Kamu

  • Bullying karena beda agama dan karena tinggi badan dibawah rata2. Sy kurang mengerti knp mereka melakukan itu, tp cara mereka membully-nya membuat siapa pun sakit hati, baik si korban ataupun saksi .

  • bullying adalah tindakan yang dilakukan suatu orang untuk memuaskan nafsu jiwanya untuk mencari bahan tertawaan dan orang tersebut sebenarnya ingin dilihat lebih hebat dan tidak sadar dengan dirinya sendiri,bullying bisa jadi hiburan, sebenarnya untuk tidak kena bullying alternatifnya jangan memandang diri sendiri rendah,percaya diri aja,lakukan yang terbaik dan buktikan kepada mereka lewat karakter dan prestasimu.Dan jangan bergaul kpda orang yg tdak sepaham denganmu.Terakhir pandanglah dirimu sebagai sesosok manusia yang penuh roh kudus,spya senantiasa pikiranmu,sikapmu dan perkataanmu dipimpin oleh roh.Percyalah Tuhan sedang menempamu dan Ia tak akan mngecewakanmu.apa yg km percayai itulh yg akan mnjdi pedomanmu:)

  • teman-teman kampus saya suka ngebully saya karena saya jelek. ditambah lagi, saya kemampuan saya dibawah mereka. 🙁

  • bullying krn cacat fisik, keterbatasan dlm pergaulan. Mereka mungkin mlakukan sperti kr itu mreka mrasa lebih drpda yg lain. Dgn kata2 pedasnya yg mmbuat siapa sja saki hati atau tersinggung.

  • kalo pengalaman aku sih.di kucilin karna aku nggak pinter,cupu.btw doa in ya min UN smp taun ini saya bisa lulus dengan nem yang bagus.mungkin tidak mungkin bagi saya dengan IQ yg rendah bisa dapet nem yg bagus tp tidak ada yg mustahil bagi TUHAN ^^

  • Saya pernah menyaksikan dan pernah menjadi pelaku bully itu sendiri. Kebanyakan objek bully sesuatu yang berbeda, aneh dan unik dari yang dimiliki banyak orang.

    Bully bisa terjadi pada orang-orang cacat, status ekonomi rendah, penampilan pakaian yang tertutup (terkesan kuno), dan lainnya.

    Orang-orang melakukannya sebagai bahan tawaan, agar disukai dan dianggap hebat dalam komunitas. Biasanya bully dilakukan oleh kelompok-kelompok (geng-geng) yang kehidupan sosialnya tidak sehat dan cenderung amoral.

    Bully saya lakukan semasa SD sampai SMA, menjadikan bully sebagai bahan tawaan. Namun setelah keluar dari kelompok dan memasuki area yang lebih baru, mata hati saya dibukakan dan melihat bahwa bully yang membuat anak-anak.tidak berkembang, tertekan dan cenderung malu serta menjadi penyendiri.

  • Kenapa bullying itu suka dilakuin orang-orang trmasuk sayajg melakukan iktu karna biasa bahan bullyan itu bisa di jadikan becandaan dengan teman-teman sehingga suasana saat dlm klmpk itu semakin hangat. Tp ya saya tau tetep itu dosa sama aja merendahkan kehidupan orang lain. But just for fun yg dibully jg fine” jg jadi. Gak terlalu masalah haha

  • mnurut saya orang yang dibully dianggap “unik” dan “beda” sehingga orang yang melhat merka menggap mereka aneh dsb. tapi, org aneh tsb tidak hrs dibully, karena semua manusia punya keunikan masing”. orang yang membully biasa nya pnya alasan tertentu untuk membully, misalnya karena mereka iri, sirik, dan tidak punya kerjaan

  • Kalau disekolahku dulu, puji Tuhan, ga ada bully fisik, tpi bully mental banyak
    Ada di kelasku, dia dikatain2, maap, pelacur krna dulunya pertama kali masuk (anak pindahan) dia suka deketin cowo2, sampe nangis dan sempet mau berhenti dan pindah sekolah. Tpi krna ga dikasih, akhirnya dia tetep sekolah disitu. Dikelas pun dijauhin, ga dianggap, ga ada yg mau duduk deket dia, ga ada yg peduli sma dia.

  • bully? itu kenangan masa-masa SD dan SMP. temen- temen sekitar saya suka nge- bully 1 orang temen kita yang notabene kakak kelas, tapi karena sering ga naik kelas, akhirnya jadi temen sekelas kita. dan dia emang kurang pinter, bahkan bicara kurang jelas,punya aroma tubuh yg waahh,,,, tapi karena ga tega saya buka diri tuk belajar bareng ato mau jadi temen 1 kelompoknya kalo ada pe-er saat semua temen menolak dia. tapi, hari- hari ini saya dengar dia melanjutkan usaha ortunya, dan yah hidupnya PujiTuhan diberkati hehehe…

    kenapa orang nge-bully? karena yg jadi sasaran, biasanya berbeda dari orang2 kebanyakan. unik lah. ga mainstream. tingkat kedewasaan mempengaruhi cara kita menerima perbedaan (itulah kenapa, pelaku bully itu, anak2 kecil sampe ABG. menurut saya dan pandangan saya sii..)
    padahal menyenangkan juga kalo bisa gaul sama org2 unik, nambah warna dlm hidup! HALELUYA

  • Orang membully orang lain bukan karena mereka itu jahat atau suka menganggu melainkan mereka ingin diperhatikan.
    banyak orang yang dalam lingkungannya diperhadapkan pada kesulitan yang membuat dirinya merasa ia sampah masyarakat atau ia biasa biasa saja.
    yang lebih parah kalo sampe pandangan ini buat kita jadi menghina orang lain yang “aneh” atau “lebih lemah” menurutnya.
    kita harus belajar menerima kekurangan orang lain. siapa tau Tuhan kasih mereka kekurangan supaya hidup mereka kita perlengkapi.
    dan buat yang membully juga mungkin kita yang biasa dibully harus sadar juga bahwa mereka ngelakuin itu karena cari perhatian dan supaya ngerasa bener. maafin ajalah tapi tetep kalo bisa jadi temen yang baik buat dia kan ngak masalah ^_^.
    dan juga temen temen jangan lupa kalo ngebully orang itu bisa membuat orang yang di bully membully orang lain juga jadi STOP BULLYING seriously.

  • saya suka, setuju melihat komentar-komentar diatas. Bahwasanya, bullying memberikan efek yang tidak baik. karena, secara tidak langsung, seorang yang dibully akan ikut-ikutan ngebully orang lain. tidak hanya itu, kita tidak tahu, respon orang lain terhadap canda kita. apakah mereka semakin tersinggung, atau meresponi dengan positif dan menganggap hanya canda. ada orang yang hanya diam, tetapi ternyata di dalam hati, merasa tersinggung. tetapi ada juga, membalas dengan balik ngebully. kita tidak akan tahu, perasaan di dalam hati orang lain, ketika kita ngebully. mungkin kita sebagai pelaku bully menganggap, masih batas wajar. ternyata, itu sudah sangat menyinggung.
    intinya, menurut saya. boleh saja bercanda, tetapi jangan ngebully mengenai status sosial orang lain, umur, kekurangan fisik, intelektual, dan hal lain yang bersifat sensitif.

  • oke jadi nama aku mellinda, aku baru 14 taun dan aku duduk di bangku 2 smp.. aku dari kelas 1 sd udah suka mgebully orang aku pun tidak tau kenapa.. mungkin karena saya anak tunggal dan badan saya besar.. jadi ketika saya tidak sengaja mendorong temam mereka kira saya bully mrka.. saya sudah mengalami banyak sekali hal.. mulai dari di scors 1 minggu sampe sampe di scors 5 bulan… memurut saya banyak orang yang suka ngebully karena mereka senang menjatuhkan diri teman/ target yang mau di bully.. mungkin mrka tidak bergaul dengan orang yang benar atau bisa di bilang pergaulan sesat.

  • Saya pernah mengalami di bully. Menyakitkan memang. Biasanya orang yang di bully adalah orangng yang berbeda dari standart yang ditentukan di kalangan orang tersebut srta orang yang merasa minder akan dirinya atau orang yang ikut ikutan membully untuk di terima oleh teman2nya. Menurut saya bullying itu memang ada di sekitar kita, dan tidak bisa dipungkiri yang terpenting adalah mencintai diri kita dan melakukan apa yang benar sesuai ajaran Tuhan. Dan Tetap berdoa agar orang yang membully kita dapat disadarkan oleh Tuhan.

  • aku di bully karna pacaran sama osis yang famous hari pertama sekolah dan fans nya banyak. di bilang murahan padahal aku ga pernah goda-goda dia. kalo ada orang yang suka sama aku bukan salah aku juga toh? lagi kalo dia mau deketin sku juga bukan karna gue godai juga. mentang-mentang aku ga cantik

  • bully ya?? mungkin aku dari kecil udah jadi korban nya min , karna aku terlahir prematur sekitar 6 bulanan , yg menyebah keadaan ku berbeda (dulunya sih,klo sekarang lebih baik) hehe ,
    menurut ku bully itu , hal yg amat sanggat menyeramkan menyakitkan min,karna bisa merusak mental , cara pikir dan pribadi seseorg(minder ketakutan),
    biasa nya sih mereka membully karna keadaan berbeda dari mereka (seperti kecacatan,miskin,tak berbakat dan mungkin banyak lagi min)

    hal yg ada di sekitar kita dan mungkin susah terhindar di zaman sekarang ini ,ya kan min??

    saran ku sih , supaya kita lebih mengenal pribadi Tuhan Yesus 😀

    banyak org jahat , pasti banyak juga org baik

Bagikan Komentar Kamu!