Langit Biru

Info

oleh Melody Tjan

langit  biru

KAWAN BUKAN LAWAN, SAY NO TO BULLYING. Kalau kamu dibully, jangan diam saja. Tetapi, jangan buru-buru melabel orang yang membully kamu itu sebagai musuh nan jahat. Kenali dia lebih dekat. Dia juga manusia yang punya masalah dan rasa takut, dia juga butuh kawan yang mau menerimanya. Begitu kira-kira pendekatan memutus rantai bullying yang ditawarkan dalam film Langit Biru. Unik. Menarik.

Ceritanya, slogan anti bullying ini dicetuskan oleh tiga sekawan: Biru (Ratnakanya Anissa Pinandita), Amanda (Baby Natalie), dan TomTim (Jeje Soekarno), setelah mereka melancarkan sebuah misi khusus untuk mengungkap kasus-kasus bullying di sekolah yang selama ini luput dari perhatian guru. Yang menjadi sasaran misi itu adalah Bruno (Cody McClendon), pemimpin geng yang suka mempermainkan orang lain. TomTim sendiri paling sering jadi korban bully dari gengnya Bruno karena keterbatasan intelektual yang pernah membuatnya tinggal kelas. Awalnya, ketiga sekawan yang dimotori Biru hanya bermaksud membalas dendam atas perbuatan Bruno dkk di hadapan para guru dan orangtua. Namun, fakta yang mereka temukan malah membawa mereka untuk melihat sisi lain dari kehidupan seorang Bruno dan mengubah cara mereka menyikapi isu bullying.

Langit Biru memang bukan film baru. Tapi, karya musikal keluaran akhir tahun 2011 ini tetap asyik jadi tontonan segala usia. Tampilannya boleh sarat gerak dan lagu, tetapi film ini tidak bertutur tentang sebuah cerita dari negeri dongeng. Sebaliknya, produser Nia Dinata dan timnya mengajak para penonton untuk berpikir dan mengambil sikap terhadap sebuah fenomena yang nyata-nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bullying. Meski bullying bisa dijumpai dalam berbagai lingkungan dan kelompok usia, konteks sekolah diangkat bukan tanpa alasan. Data penelitian dari berbagai sumber yang menunjukkan bahwa isu bullying sangat banyak dihadapi anak-anak usia sekolah memprihatinkan para penggagas film ini. Anak sulung sang produser bahkan termasuk korban bully yang sempat masuk geng tertentu agar tidak dibully lagi.

Bullying adalah isu yang nyata terjadi dalam masyarakat kita. Orang yang pernah jadi korban bully pun banyak yang kemudian menjadi pelaku bullying demi mendapatkan penerimaan teman-temannya. Sebuah siklus yang mengerikan! Sebagai para pengikut Kristus, kita tidak bisa diam saja, kita perlu mengambil sikap. Sebab itu, keterlibatan teman-teman dari beberapa lembaga Kristen dalam produksi film ini, patut diacungi jempol. Bagaimana kamu menyikapi bullying? Nonton bareng Langit Biru mungkin bisa menjadi awal yang menarik untuk memicu beragam inisiatif kreatif dalam memutus siklus bullying di komunitasmu… ^_^

Rilis: Tahun 2011
Sutradara: Lasja F.Susatyo
Produser: Nia Dinata, Hanna Carol
Pemain: Ari Wibowo, Ayu Shita, Baby Natalie, Becky Tumewu, Brandon de Angelo, Cody McClendon, Donna Harun, Jeje Soekarno, Ratnakanya Anissa Pinandita, Saykoji, Patton Idola Cilik, Yossi Project Pop
Genre: Musikal
Nominasi Grand Prix (Best Picture Award) di Osaka Asian Film Festival tahun 2012.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 03 - Maret 2014: Mulutmu Harimaumu, Artikel, Pena Kamu, Ulasan Film

1 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!