Membutuhkan Penolong

Info

Selasa, 18 Februari 2014

Komik-Strip-WarungSateKamu-20140218-Kopi-Asin
Cerita & Ilustrasi komik strip oleh Heri Kurniawan

Baca: Roma 16:1-16

16:1 Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea,

16:2 supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.

16:3 Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus.

16:4 Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.

16:5 Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi, yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus.

16:6 Salam kepada Maria, yang telah bekerja keras untuk kamu.

16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

16:8 Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan.

16:9 Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi.

16:10 Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.

16:11 Salam kepada Herodion, temanku sebangsa. Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah Narkisus, yang ada dalam Tuhan.

16:12 Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan.

16:13 Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.

16:14 Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka.

16:15 Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.

16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.

Roh Allah, Penolong yang akan diutus Bapa atas nama-Ku, Dialah yang akan mengajar kalian segalanya. —Yohanes 14:26 BIS

Membutuhkan Penolong

Bagi sejumlah orang, istilah asisten atau penolong mengandung konotasi makna yang lebih rendah. Para asisten di kelas telah menolong para guru profesional dalam memberikan pelajaran. Asisten juga menolong para montir, tukang ledeng, dan pengacara dalam pekerjaan mereka. Karena tidak seterampil para pekerja profesional, para asisten ini mungkin dipandang sebelah mata. Namun kenyataannya, diperlukan keterlibatan setiap orang untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

Rasul Paulus memiliki banyak penolong di dalam tugas pelayanannya. Ia menuliskan nama-nama mereka dalam suratnya kepada jemaat di Roma (pasal 16). Secara khusus, ia menyebut nama Febe, seorang yang “telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepada [Paulus]” (ay.2). Priskila dan Akwila telah mempertaruhkan nyawa mereka untuk Paulus (ay.3-4). Paulus juga menyebutkan Maria, “yang telah bekerja keras untuk [jemaat di Roma]” (ay.6).

Menurut 1 Korintus 12:28, menolong atau melayani merupakan salah satu karunia rohani. Paulus memasukkannya dalam daftar karunia Roh Kudus yang diberikan kepada orang percaya dalam tubuh Kristus, yaitu gereja-Nya. Karunia untuk “melayani” sama dibutuhkannya seperti karunia-karunia lain yang ada di daftar tersebut.

Roh Kudus juga disebut “Penolong”. Yesus berkata, “Roh Allah, Penolong . . . akan mengajar kalian segalanya dan mengingatkan kalian akan semua yang sudah Kuberitahukan kepadamu.” (Yoh. 14:26 BIS).

Apa pun karunia yang diberikan Roh Kudus, Sang Penolong, kepada Anda, izinkanlah Dia memakai hidup Anda bagi hormat kemuliaan-Nya. —AMC

Ya Tuhan, terima kasih untuk karunia yang telah
Engkau berikan kepadaku sehingga aku bisa melayani
seluruh tubuh Kristus. Tolonglah aku untuk dengan setia
menggunakan karuniaku bagi kemuliaan-Mu.

Anda adalah bagian penting dari seluruh tubuh Kristus.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Komik Kamu, Komik Strip, Santapan Rohani, SaTe Kamu

2 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!