Kehadiran

Info

Kamis, 26 Desember 2013

Kehadiran

Baca: Ayub 2:3-13

Lalu mereka duduk bersama-sama dia di tanah selama tujuh hari tujuh malam. Seorangpun tidak mengucapkan sepatah kata kepadanya, karena mereka melihat, bahwa sangat berat penderitaannya. —Ayub 2:13

Setelah 20 anak dan 6 karyawan terbunuh di sebuah sekolah di Connecticut, seluruh bangsa tertegun karena tidak pernah menyangka bahwa peristiwa mengerikan seperti itu bisa terjadi. Perhatian semua orang berfokus pada tragedi itu dengan pertanyaan-pertanyaan: Orang macam apa yang dapat melakukan hal seperti itu, dan apa alasannya? Bagaimana mencegah agar hal itu tidak terjadi lagi? Bagaimana cara menolong korban yang selamat? Di tengah kekacauan itulah sebuah kelompok yang tidak terduga telah melakukan aksi yang berpengaruh besar.

Sejumlah anjing golden retriever yang telah terlatih didatangkan dari Chicago. Anjing ini memang tidak bisa memberikan apa pun kecuali kasih sayang. Anjing tidak berbicara, mereka hanya hadir dan menemani. Anak-anak yang menderita trauma karena tindak kekerasan mau bersikap terbuka pada anjing-anjing tersebut dan mengungkapkan ketakutan serta emosi yang tidak mereka ceritakan kepada orang dewasa mana pun. Tim Hetzner dari Lutheran Church Charities mengatakan, “Bagian terbesar dari pelatihan anjing ini adalah belajar untuk diam.”

Seperti yang kita pelajari dari kitab Ayub, orang yang berduka tidak selalu membutuhkan kata-kata. Terkadang yang mereka butuhkan adalah seseorang yang mau duduk diam bersama mereka, mendengarkan, dan memeluk mereka ketika kesedihan tak tertahankan lagi.

Allah mungkin tidak turun tangan untuk mengubah keadaan yang ada. Dia mungkin juga tidak memberikan alasan atas penderitaan yang sedang kita alami. Namun Allah menghibur kita melalui kehadiran saudara seiman kita (Kol. 4:8). —JAL

Dia bersama kita di dalam lembah,
Di tengah pekatnya malam
Dalam kepedihan kita Dia menyatakan;
Iman akan menjadi kenyataan. —D. DeHaan

Mendengarkan sesama mungkin menjadi tindakan penuh kasih yang Kristus ingin Anda lakukan hari ini.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

Ayo berikan komentar yang pertama!

Bagikan Komentar Kamu!