Kandungan Bahan Yang Sehat

Sabtu, 26 Oktober 2013

Kandungan Bahan Yang Sehat

Baca: Amsal 4:14-27

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. —Amsal 4:23

Istri saya, Martie, adalah seorang pembelanja yang berhati-hati dalam membeli makanan yang sehat dan bergizi. Semenarik apa pun kemasannya, ia selalu memeriksa dahulu daftar kandungan bahan di bagian belakang kemasan itu. Banyaknya kata yang sulit dieja biasanya menunjukkan adanya kandungan bahan pengawet yang akan merusak nutrisi yang baik. Martie selalu mengembalikan barang-barang itu ke rak pajang dan melanjutkan usahanya untuk mencari label kemasan yang berisi daftar bahan makanan alami yang bermanfaat bagi kesehatan.

Saya sering berpikir bahwa kebiasaan Martie dalam berbelanja itu sangat mirip dengan apa yang dicari Allah di dalam hidup kita: Tidak peduli semenarik apa pun penampilan luar kita, yang penting adalah yang ada di dalam batin kita. Tidaklah mengherankan bahwa penulis hikmat dalam kitab Amsal mengingatkan kita untuk menjaga apa saja yang masuk ke dalam hati kita, “karena dari situlah terpancar kehidupan” (Ams. 4:23). Mengenakan busana yang pantas dan menjaga kondisi tubuh supaya tampak awet muda tidaklah begitu penting jika ternyata hati kita dipenuhi dengan keserakahan, kebencian, gerutu, sikap mengasihani diri sendiri, dan kandungan-kandungan lainnya yang justru merusak diri.

Jadi, tanyakan kepada diri Anda sendiri: Ketika orang lain memandang saya melampaui penampilan saya, apakah mereka bisa mengalami ungkapan hati saya yang penuh dengan kandungan bahan yang menyehatkan dan memuliakan Kristus? Dengan memiliki kemurahan hati, kebaikan, kesabaran, dan belas kasihan, kita akan dapat mencerminkan sifat Kristus yang indah. —JMS

Tuhan, ajarku untuk menghargai hatiku lebih daripada penampilanku.
Beriku hikmat untuk memupuk bahan di dalam diriku
yang akan menjadikan hatiku sebagai mata air kehidupan
bagi mereka yang bertemu denganku hari ini.

Isi hati Anda jauh lebih penting daripada penampilan luar Anda.

Bagikan Konten Ini
0 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *