Sharing: Rutinitas Apa yang Membuatmu Sibuk Dan Melupakan Waktu Saat Teduh?

“Kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” (1 Petrus 4:7b)

Ayo bagikan jawabanmu melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan Konten Ini
44 replies
  1. Richard Manuel
    Richard Manuel says:

    Bukan rutinitas kegiatan tetapi rutinitas pikiran..
    banyaknya pikiran yang dicerna membuat pikiran untuk melakukan saat teduh terlupakan..

    terkadang posisi siap saat teduh tetapi pikiran masih berada entah kemana

  2. Samuel
    Samuel says:

    Banyaknya kegiatan di gereja yang belum tentu semua itu maunya Tuhan. Yang ada melupakan keluarga, kerjaan, menyita energi untuk doa malam dan bangun pagi.

  3. Elliot
    Elliot says:

    kuliah dari jam 9 pagi sampai rumah jam 9 malam, nugas sampe dini hari, ngantuk. Bangun pagi telat jadinya lupa sate. Sedang mencoba membenah time management

  4. Mutiha Rebecca
    Mutiha Rebecca says:

    saat kuliah masuk selalu pagi,.bangun juga selalu telat karna banyak tugas dan kegiatan ,terkadang selalu menolak dan menunda2

  5. Gerald Michael
    Gerald Michael says:

    Ada beberapa faktor untuk tidak saat teduh:
    1. MALAS. One of seven deadly sins!
    2. Gak ada usaha. Kalaupun tidur telat, kalo niat saat teduh pasti tetap usaha bangun pagi untuk sate kok. Kalo malem-malem udah kecapekan baru mau niat sate tapi ketiduran, itu sama aja menyisakan waktu, bukan menyediakan waktu untuk saat teduh.
    3. Mengutamakan kegiatan lain yang terasa lebih menarik. Misal pas liburan, bangun-bangun langsung main komputer…
    4. Komitmen lemah. Mau rajin sate tapi selalu kalah sama godaan.

    Kalo rutinitas apa, di nomor 3. Bisa main game lah (terutama pas liburan), mandi pagi sebelum kegiatan sehari-hari (terutama kalo telat bangun), dll.

  6. detta putra
    detta putra says:

    Kerjaan kantor yg bikin hidup ini jadi sebuah rutinitas belaka, awalnya bisa dekat sama Tuhan, tapi semakin kesini, semakin sulit

  7. sarma
    sarma says:

    Sebenarnya masalah utamanya adalah kemauan, kalau memang ada kemauan untuk saat teduh pasti ada jalan kok. yang paling pdnting adalah mau menyediakan waktu betul untuk benar-benar fokus membaca firman Tuhan. Dan meminta Allah yang menolong agar kita punya waktu teduh bersama Allah. Selamat mencoba dan ketagihan untuk memiliki waktu teduh dengan Allah..

  8. handik gunawan
    handik gunawan says:

    saya adalah seorang pegawai di sebuah perusahaan, saya terkadang merasa rutinitas saya sebagai pegawai itu membuat saya menjadi mengabaikan saat teduh.sebenarnya saya rindu, tapi karena saya terlalu larut dalam rutinitas saya, jadi saya sering melupakan saat teduh. terima kasih Tuhan Yesus memberkati

  9. Grace Boengas
    Grace Boengas says:

    Bekerja dari pgi2 d Bank swasta smpai mlm d lnjutkn weekend full pelayanan d grj.. shg tdk ada wkt saat teduh….akhirx kejenuhan pun dtg

  10. Yonatan DS
    Yonatan DS says:

    Rutinitas kegiatan sekolah, karena biasanya saat pikiran sudah tertuju pasa tugas2 dan semacamnya, waktu untuk saat teduh terkadang terlupakan karena terlalu capek dan pikiran menjadi bercabang. Tapi mencoba untuk mengatur waktu dan mengalihkannya agar tidak setelah kegiatan2 sekolah mungkin bisa jadi solusi, saya sedang mencoba untuk bisa mengaturnya

  11. Riva lisa sirait
    Riva lisa sirait says:

    sebener nya sih aku ttp sate tiap hari,
    tapi kadang kurang aku nikmati bersekutu dng Nya.
    aku merasa “meyisihkan waktu” bukan “memberi waktu”

    saat ini masih berjuang lagi untuk bener2 memberi waktu yang terbaik bagi Nya.

  12. LIRC
    LIRC says:

    Sekolah…. Begitu banyaknya tugas dan deadline waktu yang saling berdekatan sangatlah menyita waktu sehari-hari. Akhirnya tubuh lelah, pikiran mumet, dan sate pun jadi terbengkalai..

  13. arie
    arie says:

    pekerjaan, berangkat jam 6 pulang jam 7 malam…
    kadang merasa sudah capek, ditambah dikost tidak sendiri jadi kadang kurang nyaman untuk saat teduh…
    gimana ya solusinya???

  14. yola elvira
    yola elvira says:

    Manajemen wkt dan pikiran agar dpat terfokus dlam bersaat teduh. Trkdbg lby hyak dikuasai oleh tugas2 dan masalah2 dikantor dan tantangan buat sy dpat emeeberikan yg terbaik buat Tuhan. Beblajar bayar harga

  15. jpshua
    jpshua says:

    Sebenernya sih aku masih belum begitu mengerti cara sate dengan bener
    Dan setiap kali mau sate, udah ada keinginan tapi rada males… Sekarang lagi coba lagi… Ada saran cara sate dengan bener gak ya? Thx

  16. NN
    NN says:

    Bangun jam 6 pagi pulang ke kost-an jam 10 malam, belajar di kampus 6 jam pelayanan kampusnya 8 jam. Banyaknya kegiatan di pelayanan kampus belum tentu semua itu maunya Tuhan. Yang ada melupakan studi, tugas, dan deadline2, menyita energi untuk doa malam dan bangun pagi.
    Berhikmat bagi waktu 🙂

  17. Fredu H
    Fredu H says:

    Bener banget, sama kaya temen2 diatas yg utarain yaitu kemauan dan kemalasan. Karena apabila kita ada masalah dan kita mempunyai kemauan yg tinggi untuk sate pasti akan ada jalan. Contoh ya bangun lebih pagi dll. Sejauh mana kita menyadari seberapa besar berkat yg kita terima apabila kita memulai hari dengan sate.

  18. Linaajah
    Linaajah says:

    kebiasaan bangun agak siang, langsung buru2 bersiap berangkat kerja, sampai kantor dah lupa berdoa dan saat teduh,ditambah masalah baru di kantor beserta keriweuhannya..sampai rumah dah capek, buru2 bersantai ria melepas lelah sampai ngantuk dan ketiduran..haduuh gawatnya..

  19. Theodora
    Theodora says:

    hehehheeee,,,,
    sebenarnyaa rutinitas yang paling sering membuat saya melupakan waktu saat teduh adalah TIDUR…
    ketika sudah capek di kampus dan sibuk mengerjakan tugas,, Tidur adalah kegiatan yang paling pas untuk relaksasi,,,
    nah tidurnya itu biasa sampe kebablasan dan tidak lagi mengingat saat teduh

  20. Ningsih
    Ningsih says:

    Sebenernya ga ada alasan untuk ga SATE tp kadang kedagingan yg buat kita lupa, bahkan mungkin inget tp terlalu egois sehingga malas untuk melakukan nya..
    ya mungkin karna kesibukan dan sampe rumah sudah larut malam dan kecapean sehingga kita ga melakukannya..
    so guys mari kita belajar menomorsatukan Tuhan dlm hidup kita, krna kita bisa melewati setiap aktifitas kita ya cuma krna Tuhan yg kasih Kekuatan..
    Semangat semangatt … Gbu all 🙂

  21. Raesa
    Raesa says:

    Saya sebenarnya ingin sekali sate setiap hari, tp tidak pernah bs untuk melakukannya. Saya selalu merasa bahwa diri saya sudah tidak layak untuk menghadap Tuhan. Selama ini saya sangat mengecewakan Dia dan terus melupakanNya.. =(

  22. renie
    renie says:

    bangun pagi tapi masih ngantuk, gk konsen SATE…. kalo malamnya rutinitas padat, pulang rumah capek,,, Baca Firtu dan doa malam tdk dijalankan akibatnya..

  23. aion
    aion says:

    Emang ga niat aja. Yahhh.. klo lg seneng ya lupa.. klo lg dalem masalah ya nyalahin.. susah jg..
    Klo emang niat 5 menit jg bisa harusnya walo sibuk gimana jg..

  24. Bernatal Manurung
    Bernatal Manurung says:

    sesungguhnya tidak ada rutinitas yang membuat kita melupakan saat teduh, melainkan kita tidak sepenuhnya mengingat betapa pentingnya kita melaksanakan saat teduh tersebut, ditengah padatnya rutinitas kita sehari-hari. Mari bersama-sama kita melawan rasa malas dalam menjalankan saat teduh.
    Jesus Bless.

  25. Elsada Febryanti
    Elsada Febryanti says:

    Entahlah, , ,sepertinya,ini karena saya terlalu fanatik dgn yg namanya k-Pop. . . Terkadang,saya bisa nyaman tidur malam meskipun belum berdoa,tapi suka ngerasa gak nyaman kalo tidur malam tapi belum dengerin lagu lagu korea pake headset. . . Sebenarnya pengen lebih dekat sama Tuhan,tapi selalu ada rasa malas. . . Sedih. . . . ;(

  26. ririn
    ririn says:

    Begitu pula dengan saia, pekerja yang hampir 12 jam memnggunakan waktu untuk bekerja, sampai rumah istirahat dan tertidur, SaTe malam sering terlupakan, tapi berusaha SaTe dipagi hari memaksa diri untuk membaca firman meskipun lewat media online, tp sudah lumayan terberkati.. Apa pun media nya di jaman modern seperti ini membaca renungan tidak hanya saat malam dan pagi hari, saat siang ada waktu luang jg bs membaca renungan dan firman Tuhan.. Semua itu diawali dengan niat dan disiplin, saia jg masih sering bolong, tp terus berusaha untuk disiplin SaTe.. Tuhan mberkati..

  27. Verra Phey
    Verra Phey says:

    Sebenernya ga ada alasan apapun yg bisa dibenarkan atau disalahkan sehingga kita ga punya waktu untuk doa atau baca firman.

    Yg kurang adalah komitmen kita untuk mau berdoa, berkomunikasi, ngobrol, curhat sama Tuhan. Kesibukan atau rutinitas cuma alibi kita padahal kita malas dan menomor duakan Tuhan.

    Padahal Tuhan selalu prioritasin kita, contoh kecilnya, Dia ga lupa kasih nafas buat kita tiap hari.

    Yuk, mulai sekarang coba bangun komitmen itu lagi, bangun lagi kasih mula-mula, dimana pertama kali kita mengenal Tuhan dan masih semangatnya pingin deket terus sama Tuhan. 🙂

  28. melda
    melda says:

    Klo dtempat tgs bisa saat teduh krn tdk ada ksibukan stlah pulanh mngajar… Tp kadang malas… Walaupun sdh mau mulai kadang dilanda rasa malas, mngantuk, dan tdk fokus… Pengen benar2 bisa dkat dg Tuhan meskipun sngat sibuk… Tp knytaanny tidak sibuk pun malah tdk bisa… Sediiiih skliiiii….

  29. Dorkas kridawati
    Dorkas kridawati says:

    Dulu sewaktu masih jomblo dekat dgn Tuhan, selalu sate..skrg sdh menikan dan punya anak dan bekerja..smkn lama semakin tdk pernah sate akhirnya me galami kehampaan hidup, mau sate kedagingan sy yg memberi banyak alasan untuk tdk sate, tp sbtlnya klo memang niat pasti ada jalan. Skrg sedang berusaha memupuk komitmen untik sate. Tuhan kasih kita kemampuan dan sdh memberi kemenangan kpd kita untuk mengatur kesibukan/berkat yg dia berikan kpd kita (fasilitas hiburan, pekerjaan, anak, suami , teman) , bukan kita d kuasai oleh kesibukan /berkat tsb. Amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *