Label Peringatan

Minggu, 18 November 2012

Label Peringatan

Baca: Amsal 6:16-22

Teguran yang mendidik itu jalan kehidupan. —Amsal 6:23

Kini label peringatan terdapat di mana-mana—mulai dari perabot baru sampai produk mainan. Bahkan obat-obatan pun melampirkan tulisan-tulisan yang dicetak kecil dan berisi peringatan tentang segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi karena pemakaian obat itu.

Firman Allah dipenuhi dengan banyak peringatan yang memperingatkan kita tentang hal-hal yang membahayakan kesehatan rohani kita. Ketika membaca, “Enam perkara ini yang dibenci Tuhan, bahkan, tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya” (Ams. 6:16), ayat ini seperti tanda peringatan yang berkedip-kedip untuk menarik perhatian kita. Daftar perkara yang tercantum selanjutnya (ay.17-19) memperingatkan kita akan sifat-sifat yang cenderung merusak, seperti kesombongan dan ketidakjujuran. Inilah dosa-dosa yang merusak hubungan dengan sesama dan mendukakan Bapa surgawi kita. Ayat ini lebih lanjut mengatakan bahwa ”teguran yang mendidik itu jalan kehidupan” (ay.23). Dengan kata lain, peringatan Allah tidak bertujuan untuk merampas kesenangan hidup, tetapi untuk melindungi dan menjaga hidup itu sendiri.

Saya selalu ingat saat kecil saya berdiri di luar dengan teman saya, Bobby, dan melihatnya tiba-tiba lari ke jalanan yang ramai. Saya mendengar ibunya berteriak, “Berhenti!” Seruan itu adalah peringatan untuk melindungi Bobby, bukan untuk menghalangi kebebasannya.

Terlalu sering kita mengabaikan peringatan Allah untuk kita tidak lari ke arah yang salah dan menanggung akibatnya. Mari mengingat bahwa kebebasan dialami jika kita mengindahkan peringatan-Nya. Semua peringatan itu adalah demi kebaikan kita. —JMS

Tuhan, terima kasih untuk peringatan-peringatan dalam firman-Mu
yang dimaksudkan untuk menjaga dan melindungi hidupku.
Tolong aku untuk mengindahkan teguran-teguran dan perintah-Mu
agar hidup yang kujalani ini bisa menyenangkan-Mu.

Firman Allah penuh dengan peringatan yang diberikan dalam kasih untuk melindungi dan menjaga kita.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. Ervin
    Ervin says:

    teguran Tuhan selalu memperingatkan kita utk melakukan hal yg benar dan menjadi berkat dimanapun kita berada…

  2. Wilson
    Wilson says:

    Tuhan lebih mengerti keadaan yang terjadi di sekitar kita dibanding diri kita sendiri, oleh karena itu jika kita dihadapkan pada pilihan mengikuti keinginan kita pribadi (ataupun pihak lain) vs suara Tuhan, selalu pilihlah suara Tuhan..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *