Keraguan Dan Iman

Minggu, 12 Agustus 2012

Keraguan Dan Iman

Baca: Yohanes 20:24-31

Ya Tuhanku dan Allahku! —Yohanes 20:28

Apakah seseorang yang percaya kepada Yesus, yang terkadang memiliki keraguan tentang hal-hal yang menyangkut imannya, dapat tetap efektif dalam melayani Tuhan? Ada yang berpikir bahwa orang Kristen yang dewasa dan bertumbuh dalam iman tidak akan pernah mempertanyakan keyakinan mereka. Namun sama seperti kita memiliki beragam pengalaman yang membangun iman kita, kita juga dapat memiliki pengalaman yang menyebabkan keraguan sesaat.

Seorang murid bernama Tomas awalnya ragu terhadap kabar kebangkitan Yesus. Ia berkata, “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya . . . sekali-kali aku tidak akan percaya” (Yoh. 20:25). Kristus tidak menegur Tomas melainkan memberinya bukti yang diminta. Takjub melihat Sang Juruselamat yang telah bangkit itu, Tomas berseru: “Ya Tuhanku dan Allahku!” (20:28). Setelah peristiwa itu, Perjanjian Baru tidak mencatat lagi tentang apa yang terjadi pada Tomas.

Akan tetapi, sejumlah kepercayaan dari gereja mula-mula menyatakan bahwa Tomas pergi ke India sebagai misionaris. Dikatakan bahwa saat berada di sana, ia mengabarkan Injil, melakukan mukjizat, dan membangun gereja. Beberapa dari gereja di India ini masih aktif dalam pelayanan dan dapat menelusuri sejarah mereka sampai ke masa Tomas hidup.

Saat-saat penuh keraguan tidak harus terjadi terus-menerus dalam kehidupan kita. Izinkanlah Allah untuk memimpin Anda kepada pengertian yang lebih mendalam tentang kehadiran-Nya yang nyata. Perbaruilah iman Anda. Anda masih dapat menggenapi hal-hal besar bagi-Nya. —HDF

Saat iman melemah dan keraguan meningkat,
Ingatlah akan kasih dan kepedulian Allah;
Ingatkanlah dirimu semua yang telah Dia perbuat
Dan saat-saat Dia menjawab doamu. —D. De Haan

Belajarlah meragukan keraguan Anda dan meyakini keyakinan Anda.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. Ervin
    Ervin says:

    Saat ku mulai ragu dan tak percaya, namun KuasaMu tak akan pernah ku ragukan.. kar’na ku tahu, Kau satu2nya yg ku percaya.. hatiku selalu percaya padaMU dalam tiap waktu..

  2. nia
    nia says:

    Singing : Jesus loves me yes i know for the Bible tells me so ……pengkhotbah di grejaku pagi ini koment iya the Bible tell us that He loves us tp qta juga tau He loves us coz qta mengalami penyertaan NYA setiap saat walaupun sering tak qta sadari…disaat ragu baeklah mengingat betapa baekNYA Tuhan qta : )

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *