Dua Pelajaran

Sabtu, 14 Juli 2012

Dua Pelajaran

Baca: Ulangan 8:1-10

Seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak Tuhan, Allahmu . . . selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau. —Ulangan 8:2

Beberapa minggu setelah menulis sebuah artikel Our Daily Bread (Santapan Rohani) mengenai pentingnya menaati hukum, saya berkendara untuk menempuh perjalanan sejauh 1.400 km—dengan tekad untuk tetap berada dalam batas kecepatan yang ditentukan. Sewaktu berkendara keluar dari suatu kota kecil di New Mexico, perhatian saya tersita untuk membuka bungkusan roti sehingga saya lalai memperhatikan rambu-rambu jalan, dan saya pun ditilang karena mengebut. Pelajaran pertama yang saya dapatkan hari itu adalah bahwa kelalaian untuk waspada membawa akibat yang sama seperti pelanggaran hukum yang dilakukan secara sengaja. Dan masih ada 1.100 km lagi yang harus saya tempuh!

Pelajaran kedua yang saya dapatkan adalah tekad kita akan selalu diuji. Saya teringat pada kata-kata Musa kepada umat Allah ketika mereka bersiap-siap memasuki Tanah Perjanjian: “Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak Tuhan, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak” (Ul. 8:2).

Pendeta dan penulis Eugene Peterson menyebut proses mengikut Kristus sebagai “ketaatan jangka panjang pada arah yang tetap sama.” Setiap tekad untuk mau taat harus diikuti dengan banyaknya keputusan demi keputusan untuk maju terus.

Melalui peristiwa tersebut, Allah mengingatkan saya tentang betapa pentingnya untuk terus menjaga hati saya dalam ketaatan kepada- Nya—untuk tetap waspada di sepanjang jalan hidup ini. —DCM

Engkau telah memberi dengan rela
Diri-Mu sendiri seutuhnya bagiku,
Inilah hidupku agar Engkau pakai
Seluruhnya bagi-Mu, Juruselamatku. —Christiansen

Mengasihi Allah artinya menaati Allah.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. Hermawan Abraham
    Hermawan Abraham says:

    Dua pelajaran yg saya dapat dari renungan hari ini yaitu hati tetap waspada dan taat pada perintah-Nya selalu. TUHAN memberkati. Syallom.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *