Bertahan Atau Jalan Terus?

Info

Sabtu, 26 Mei 2012

Bertahan Atau Jalan Terus?

Baca: Keluaran 14:5-22

Berkatalah Musa kepada bangsa itu: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari Tuhan, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu.” —Keluaran 14:13

Bangsa Israel terjebak. Ketika baru saja meninggalkan perbudakan dan Mesir, mereka menyaksikan suatu pemandangan yang menakutkan. Ada awan debu bergerak ke arah mereka, dan dibalik awan itu ada banyak tentara Mesir. “Penyakit” keras hati Firaun kumat lagi (Kel. 14:8). Alhasil, Firaun mengirim kereta-kereta tempurnya untuk mengejar Musa dan bangsa Israel.

Ketika pasukan Mesir hampir menyusul bangsa Israel, rasanya sudah tidak ada harapan lagi. Bangsa Israel terjebak di antara pasukan itu dan laut yang besar. Dalam keadaan panik, mereka berseru kepada Musa dan Allah.

Baik Musa dan Allah menanggapi seruan ini dengan perintah. Musa berkata: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu” (Kel. 14:13). Dan Allah berfirman, “Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat.” (ay.15). Meski sekilas kedua perintah ini tampak bertentangan tetapi keduanya berasal dari Allah dan benar adanya. Pertama, bangsa Israel harus “berdiri tetap” atau “bertahan” sampai menerima perintah dari Allah. Apa jadinya jika mereka bergegas menuju ke Laut Merah tanpa bertanya terlebih dulu kepada Allah? Namun dengan berdiri tetap, mereka mendengar perintah Allah, tentang apa yang harus mereka lakukan—melanjutkan perjalanan dan apa yang harus Musa lakukan, yaitu mengulurkan tangan ke atas laut dalam ketaatan dan Allah akan membelah airnya.

Apakah situasi yang ada telah membuat Anda terjebak? Berdirilah tetap. Sediakan waktu untuk bertanya kepada Allah dan mendengarkan firman-Nya. Kemudian, dengan menggunakan petunjuk-Nya, berjalanlah maju dan izinkan Allah menuntun Anda. —JDB

Segelap apa pun jalan yang dilalui,
Setebal apa pun awan hari demi hari,
Allah akan arahkan segala yang kita lakukan
Jika kita ambil waktu untuk berdoa. —Mead

Jika Anda sedang mencari tuntunan, jadikan Kristus sebagai penuntun Anda.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

2 Komentar Kamu

  • Cerita ini sangat menginspirasikan. Saya sangat memerlukannya.
    Saya tidak akan bimbang dan khuatir kerana Jesus selalu di sisi saya.
    Hallelujah!

  • saat ini khidupan ku terasa berat,,,terjebak oleh kegagalan masa lalu dan cemas menghadapi masa depan…tp, ku yakinkan diri ku untuk meminta campur tangan Tuhan yang akan memberikan petunjuk bagiku.Amin.

Bagikan Komentar Kamu!