Sharing: Apa yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Berdamai Dengan Musuhmu?

Info

Published: April 2, 2012 | By WarungSateKamu

Posted in: Artikel, Opini

Tagged as:

|

Kalau kamu lagi musuhan sama seseorang, apa yang bisa kamu lakukan untuk berdamai lagi?

Ayo sharing-kan jawabanmu melalui comment box di bawah ini!

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Artikel, Opini

19 Komentar Kamu

  • Tidak mudah, tetapi TUHAN selalu memberi jalan, jalan yang seringkali kita abaikan… Buka mata dan buka hati…

    Tersenyum dan berikan tatapan hangat…

  • yang aku lalukan pertama diam dulu,,menenangkan diri dan kalau emang aku yang salah aku bakal ajak dia ngobrol berdua dan minta maaf.
    atau kalo emang dia yg salah aku juga tetep bakal minta maaf,walau mungkin dia ga mau maafin 🙂

  • Klo dibikin secara sistematik :
    – menenangkan diri dan ‘diam’ sebentar
    – berdoa mohon ketenangan hati dan damai kepada Tuhan
    – mencari waktu yang tepat untuk berbicara dengannya

    ada 2 skenario
    – kalau dia memaafkan : baguslah~
    – kalau dia nggak mau memaafkan : tetap kasihi dia seperti seharusnya

    mungkin hubungannya tidak akan sebaik dulu, tapi yang pasti tidak akan menjadi musuh, karena aku yakin selama di dalam Tuhan segalanya akan berakhir dengan baik, termasuk mengizinkan kita untuk memilih berdamai dengan musuh kita, God Bless =)

  • biasanya saya akan berdiam sebentar,lalu berbicara dengan Tuhan-curhat,minta pendapat teman yg kita anggap dekat dengan kita dan Tuhan,lalu mencoba berdamai,jika belum saatnya..terus doakan..karena saat berdamai nanti,akan terasa sekali perjuangan+doa kita selama ini..dan ga akan henti2nya kita bersyukur…

    saya pernah mengalami hal begini,alhasil Kami tambah dekat…PUJI TUHAN..:)

  • Yang aku lakukan,
    berdiam diri dulu untuk menenangkan diri. Jika sudah menenangkan diri, aku introspeksi diri lagi, mungkin aku yang salah dalam hal berbicara atau bersikap dan bertingkah laku terhadap orang tersebut sehingga menimbulkan permusuhan diantara kami. Setelah itu aku akan meminta maaf, salah-tidaknya aku, yang aku lakukan meminta maaf. Dan yang terakhir aku lakukan adalah berdamai dengan orang itu, melupakan kemarahanku dan meredakan kemarahannya.

  • biar bisa berdamai ?hm.. prtama2 musti ngalah dn membuang ego jauh2 ya,sapaa dl,trus ajak nongkrong.

  • aku sih, punya musuh
    cara untuk berdamai yang pertama jelas minta maaf ama dia, tapi sampai sekarang dia ga mau maafin aku, ya uda aku berdoa aja sama Tuhan agar dia mau maafin aku. Aku yakin dalam hatinya ia mau maafin aku, tapi kegoisannya membuat ga maafin aku.

  • musuh sih bnyak bnget, sampe skrang msih musuhan alx blum dpt jalan kluarx tuk berteman lg.

  • musuh, pasti punya lah.
    cara damai nya biasanya aku ngalah, minta maaf duluan walau kadang bukan aku yang salah. yang pasti berdoalah, minta kekuatan ma Tuhan tuk maafin musuh aku tu.

  • kalau kesalahan yang dilakukan masih batas wajar masih dapat memaafkan..
    tapi terkadang kesalahan yang dilakukan sangat menyakiti hati,maka sangat sulit untuk memberi maaf..memang Tuhan saja dapat memaafkan umatnya tapi butuh proses juga..
    Serahkan semua pada Tuhan,Tuhan tau mana yang terbaik,suarakan apa yang jadi keluh kesahmu,,
    niscya,ketenangan itu datang sndri n ad waktunya juga untuk memaafkan..

  • Tdi dsklah,wktu pljrn pai(pendidikan agama islam).
    Aku dngar dri gru yg ngajar Pai,ktny nama Yesus adlh nma Isa yg dgnti cra ngucpinya olh org brat…
    Td jga ktnya agama Kristen bkan agama bnar.
    Mhon dbri ptnjuk spya aku bsa tau dan tdk trjrmus kdlam jlan yg slah

  • Jessica Natalia Mamesah

    aku sedang mengalami hal ini, aku tetap baik kepada mereka meskipun mereka selalu saja bersikap tidak baik terhadapku.
    (nataliajessica@yahoo.co.id)

  • pertama sama berdiam,memikirkan apa yg slh smpe dia mrh ma kita,berdoa,lalu menyakan kpdny knp dia mrh dan meminta maap,wlwpun kdng org yg marah ma kita berdalih klo dia tdk da mslh ma kita.slnjutny tetap berdoa biar TUHAN yg bekerja atasny

  • @Fernando…
    Sudah biasa saudara tiri kita memutarbalikkan kata. Isa adalah sebutan mereka sendiri untuk menyebut nama Tuhan Yesus yang nggak ada artinya sama sekali. Padahal, nama Tuhan kita itu punya makna yg dahsyat: Yehovah Shua… Yehova sang penolong/ penebus. So, jangan mau menyebut nama Isa. Sebutlah Yesus dg tegas. Aku mau berdoa untuk kamu Nando… boleh tau alamat imel kamu ?

    Mengenai pertanyaan bagaimana supaya kita berdamai sama musuh, kita bisa belajar dari ucapan Tu’an Gu dlm film Sacrifice. Anggaplah dia bukan musuh kita. Dia menjadi musuh karena faktor x. Nah, faktor x itulah yg seharusnya kita doakan. Bersikaplah seolah2 tidak tahu dan tidak pernah terjadi apa2.

  • sulit sekali untuk memaafkan. mungkin aku orangnya pelupa & masalah kecil mudah kulupakan.. namun aku punya pengalaman dimana aku benar2 membenci dd tiriku dan mama nya.. tapi bersyukur ketika aku uda kenal Tuhan, Tuhan boleh bukakan mataku dan hubungan kami bisa di pulihkan. Terpujilan Allah, Bapa yang Maha Kasih ^^

  • valencia claudia

    Segera meminta maaf dan kalau gak di maafin ya u dh musuhan karna terpaksa juga gpp koq

  • Berdiam diri dan instropeksi dalam kerendahan hati.
    Jika memang saya yang salah, segera mungkin saya minta maaf. Kalau dia yang salah, saya berdoa saja untuk dia supaya Tuhan sadarkan dan melembutkan hatinya.

    Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itupun didamaikan-Nya dengan dia. (Amsal 16:7)

  • Saya punya musuh saat ini, cara mengatasinya saya tetap berdoa pada TUHAN agar kami saling memaafkan….bukan salah gua sih,tapi salahnya, tapi dia tak mau minta maaf ma aku, tapi aku baik orangnya aku yang minta maaf padanya….tapi dia tidak mau ….ih dalam hatiku udah loe yang buat salah, tapi loe gk maafin…tapi sya ttap sabar dan selalu minta maaf “akhirnya kami berteman juga makasih ya TUHAN”

  • Kalau aku sekarang lagi musuhan dgn teman dekat ku, dan kita musuhan udah mau setahun. Aku ingin sekali minta maaf dluan sma dia tapi dia yg salah dan aku lebih tua dari dia.tapi Tuhan mengajarkan kita utk berdamai dgn sesama, aku ingin di hari natal ini kita bisa berteman kembali dan aku akan mengumpulkan niat ku utk minta maaf duluan meskipun aku yg salah

Bagikan Komentar Kamu!