Biografi Anda

Rabu, 21 Maret 2012

Baca: Yohanes 1:1-14

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita. —Yohanes 1:14

Ketika sedang mencari cara yang menarik untuk memberikan pengarahan kepada para mahasiswa di kelas menulis tentang konsep menulis suatu sketsa biografi, saya menemukan gagasan ini: Tulislah biografi dalam enam kata. Ketika diminta menuliskannya, pemenang Pulitzer Prize, Ernest Hemingway, menuliskan biografi yang menyentuh ini: “Dijual: sepatu bayi, belum pernah dipakai.” Bayangkan kisah sedih dibalik enam kata tersebut.

Ketika memikirkan tentang konsep ini, saya bertanya-tanya apakah kita dapat menemukan biografi dalam enam kata dari para tokoh di Alkitab. Yang saya temukan sangatlah menakjubkan. Banyak dari pahlawan dalam Kitab Suci memang telah digambarkan dengan cara tersebut. Sebagai contoh, Daud yang disebut Allah sebagai: “Seorang yang berkenan di hati TUHAN” (1 Sam. 13:14; Kis. 13:22). Atau gambaran diri Paulus: “Rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah” (Ef. 1:1). Atau penggambaran Paulus tentang Timotius: “Anakku yang sah di dalam iman” (1 Tim. 1:2). Dan perhatikan kata-kata tentang Maria: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung” (Mat. 1:23). Dan tentang Yesus: “Menjadi manusia, diam di antara kita” (Yoh. 1:14).

Usaha memberikan deskripsi yang tepat tentang tokoh-tokoh iman ini seharusnya mengusik keingintahuan kita: Apakah enam kata yang tepat untuk menggambarkan diri saya? Apakah deskripsi itu positif atau negatif? Apakah kita digambarkan sebagai “Bukan orang yang mudah untuk dikasihi” atau “Cahaya yang bersinar terang bagi Tuhan”? Apakah yang akan dikatakan biografi Anda? —JDB

Tuhan, tolongku untuk menjadi seperti yang Kau kehendaki
Dalam sifat, perbuatan, dan kehendakku,
Karena Kaulah penjunan, dan aku tanah liat—
Segala maksud-Mu akan kupenuhi. —Fitzhugh

Dulu terhilang, sekarang kembali. Selamanya bersyukur!

Facebooktwitterreddit

2 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *