Orang Yang Enggan?

Info

Selasa, 21 Februari 2012

Baca: Amsal 6:6-11

Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? —Amsal 6:9

Ketika mempelajari kitab Amsal dalam kelompok Pemahaman Alkitab kami, pemimpin kami memberi usul untuk mendeskripsikan kata pemalas sebagai orang yang enggan (6:6,9). Saya jadi dapat memahami lebih jelas apa maksud kata tersebut. Segera saja, saya mulai membayangkan siapa saja yang saya anggap sebagai orang yang enggan.

Contohnya, para ayah dan ibu yang gagal mendidik dan mendisiplinkan anak-anak mereka. Atau para pria yang menolak untuk menolong pekerjaan di rumah. Atau para remaja yang mengabaikan pendidikan mereka dan memilih untuk bermain di internet sepanjang hari.

Jika jujur, bisa jadi kita semua terjangkit sikap enggan ini. Apakah kita adalah “orang yang enggan berdoa” (1 Tes. 5:17-18), atau “orang yang enggan membaca Alkitab” (Mzm. 119:103; 2 Tim. 3:16-17) atau “orang yang enggan menggunakan karunia rohani” (Rm. 12:4-8), atau “orang yang enggan bersaksi?” (Mat. 28:19-20; Kis. 1:8).

Jika kita tidak melakukan apa yang kita ketahui dikehendaki Allah supaya kita lakukan, sudah pasti kita adalah orang-orang yang enggan rohani. Sebenarnya, ketika kita menolak untuk menaati Allah, kita berbuat dosa.

Perhatikanlah perkataan yang menantang dan menegur dari kitab Yakobus ini: “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa” (4:17). Marilah kita tidak menjadi orang yang enggan rohani. —CHK

Ketika tahu apa yang dikehendaki Allah untuk kita lakukan,
Namun kemudian kita menolak untuk taat, Kita mengabaikan suara Tuhan,
Dan dengan berdosa memilih jalan kita sendiri. —Sper

Kita mungkin punya alasan untuk tidak menaati Allah, tetapi Dia tetap menyebutnya sebagai ketidaktaatan.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

5 Komentar Kamu

  • Minta pengampunan Tuhan karena sikap malas, dan menjadi orang yang rajin ^^

  • trimakasih renungan hari ini benar2 menyentuh saya
    trimakasih Tuhan, berikan hamba hikmatMu agar bangkit lagi dan rajin lagi membaca alkitab dan bersekutu bersamaMu Tuhan..
    sering kali rasa malas itu datang dan saya sering mengabaikan firman Tuhan yg seharusnya saya baca dan merenunginya tiap hari ^^

  • Terimakasih untuk renungannya.

    Enggan, satu kata yang sering saya hadapi. Enggan berdoa dan enggan ke gereja. Saya punya berbagai macam alasan untuk menghindari 2 hal tersebut. Renungan ini adalah teguran untuk saya. Puji Tuhan.

  • Lord give my heart like your heart bless my mind like your think so always live in your plan, “something can do today don’t wait until tomorrow”

  • terima kasih untuk renungnan hari ini,…

    saya akui saya termasuk di dalamnya, orang yang enggan…
    Tuhan Yesus ampuni saya…., dan ajar saya untuk tidak menjadi orang yang enggan….

    GBU ALL

Bagikan Komentar Kamu!