Manfaat Persahabatan

Info

Selasa, 14 Februari 2012

Baca: Pengkhotbah 4:9-12

Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. —Pengkhotbah 4:9

Cicero adalah salah seorang pemikir terhebat dari zaman kekaisaran Romawi. Ia adalah seorang ahli pidato, pakar hukum, politisi, ahli bahasa, dan juga penulis. Sampai hari ini, tulisannya yang jelas dan hikmatnya yang praktis masih sering dijadikan acuan.

Sebagai contoh, mengenai persahabatan, ia menuliskan: “Persahabatan menambah kebahagiaan dan mengurangi kepedihan, dengan melipatgandakan sukacita kita dan menjadi tempat kita berbagi dukacita.” Ia memahami manfaat ganda dari persahabatan di sepanjang perjalanan hidup seseorang.

Hampir seribu tahun sebelumnya, Raja Salomo juga telah menulis tentang nilai persahabatan. Dalam kitab Pengkhotbah kita membaca, “Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! (4:9-10). Hidup tanpa sahabat pastilah membuat persinggahan kita di dunia ini terasa sepi dan berat untuk ditanggung.

Baik pemikir Romawi yang terkenal maupun raja Israel tersebut ada benarnya: Sahabat itu penting. Sahabat adalah seseorang yang dapat kita percayai, dimintakan nasihat, dan menjadi tempat berbagi beban.

Pikirkanlah sahabat-sahabat Anda. Apakah Anda telah mengabaikan mereka yang telah disediakan Allah sebagai pribadi untuk berbagi sukacita dan kesedihan yang Anda alami? Jika demikian, temuilah salah seorang sahabat Anda pada minggu ini. Ingatlah, “Berdua lebih baik dari pada seorang diri,” karena seorang sahabat dapat melipatgandakan sukacita kita dan menjadi tempat berbagi dukacita. —HDF

Sahabat dapat dipercaya, sahabat memberi kehangatan
Sahabat itu selalu setia mendampingi
Untuk menambahkan setiap kebahagiaan,
Untuk mengurangi setiap beban. —NN.

Sahabat ibarat bunga di taman kehidupan.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

5 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!