Gemuk Dan Segar

Jumat, 24 Februari 2012

Baca: Mazmur 92

Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar. —Mazmur 92:15

Dalam Mazmur 92, sang penyair memulai tulisannya dengan dorongan untuk menaikkan pujian: “Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada Tuhan.” Baik untuk apa? Baik untuk Anda dan saya. Adalah sangat baik bagi jiwa kita untuk berpaling dari pikiran yang penuh kekhawatiran dan mengisi hari-hari kita dengan pujian dan doa; adalah baik untuk menyambut setiap pagi dengan pujian syukur, karena puji-pujian tersebut membuat kita bahagia. Pujian itu melepaskan kita dari kemurungan dan menggantikan kesedihan kita dengan pujian penuh sukacita atas “perbuatan tangan-[Nya]” (ay.5). Dan perbuatan apakah itu? Perbuatan yang sedang dikerjakan-Nya di dalam diri kita!

Inilah salah satu gambaran yang paling saya sukai: “Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertumbuh di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar” (ay.13-15).

Pohon korma adalah simbol dari keindahan yang menjulang dan pohon aras adalah simbol dari kekuatan yang tidak terpatahkan. Itulah sifat-sifat dari mereka yang telah “ditanam di bait Tuhan” (ay.14). Akar-akar mereka akan masuk ke dalam tanah kasih Allah yang tidak pernah berkesudahan.

Apakah Anda berpikir bahwa kegunaan Anda bagi Allah telah berakhir? Lanjutlah merenungkan firman Allah, berakar dengan dalam dan berlandaskan pada Kristus, reguklah curahan kasih dan kesetiaan- Nya. Jadi, berapa pun usia Anda, Anda akan menghasilkan buah dan menjadi “gemuk dan segar.” —DHR

Pujilah Allah dari dalam hatimu
Atas berkat-berkat-Nya di sepanjang harimu;
Bagi Allah di surga, angkatlah suaramu—
Allah yang pemurah, Allah yang pengasih. —Hess

Puji-pujian akan terbit dari hati ketika Anda menghitung berkat-berkat Anda.

Bagikan Konten Ini
2 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *