Dikejutkan Allah

Info

Selasa, 10 Januari 2012

Baca: Rut 2:17-23

Tuhan yang rela mengaruniakan kasih setia-Nya kepada orang-orang yang hidup dan yang mati. —Rut 2:20

Seandainya Naomi pernah bermimpi untuk pulang ke kampung halamannya dengan membawa kekayaan dan kesuksesan, kembali ke Betlehem justru akan menjadi mimpi buruk baginya. Ketika hidup di negeri asing, ia telah kehilangan suami dan dua putranya. Kini ia pulang hanya bersama Rut, menantu perempuannya, dan dengan kepedihan hati yang amat mendalam. “Janganlah sebutkan aku Naomi [yang artinya: kesukaan]; sebutkanlah aku Mara [kepahitan],” kata Naomi kepada mereka yang dulu menjadi tetangganya, “sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku” (Rut 1:20).

Namun, ini bukanlah akhir dari kisah tersebut. Ketika Naomi yang patah semangat ini melihat tangan Allah bekerja dalam kehidupan Rut, ia berkata, “Tuhan yang rela mengaruniakan kasih setia-Nya kepada orang-orang yang hidup dan yang mati!” (2:20). Yang semula terlihat seperti jalan buntu telah menjadi pintu yang terbuka bagi dua wanita yang telah kehilangan begitu banyak ini.

Kitab Rut dalam Perjanjian Lama adalah kisah yang sangat indah. Narasinya yang singkat diwarnai dengan keindahan dan anugerah yang mengagumkan ketika nama “Tuhan” disebutkan berulang kali.

Melalui Naomi dan Rut, kita diingatkan bahwa Allah bekerja dengan cara-cara yang mengejutkan untuk menyatakan kasih-Nya dan untuk menggenapi tujuan-Nya, bahkan di masa-masa yang sulit sekalipun.

Kiranya kita terus dikuatkan oleh kejutan-kejutan Allah yang masih berlangsung. Dia tidak pernah berhenti menyatakan kebaikan-Nya kepada Anda dan saya. —DCM

Dia yang kebaikan hati-Nya melampaui segala hal,
Setiap hari memberikan yang dianggap-Nya terbaik—
Dengan penuh kasih, berupa penderitaan maupun kesenangan,
Kerja keras berbaur dengan istirahat dan damai sejahtera. —Berg

Ketika kita tidak mengerti maksud Allah, tangan pemeliharaan-Nya mengajar kita percaya kepada-Nya.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

4 Komentar Kamu

  • Apa yang semula pahit bagi kita, Tuhan jadikan indah pada waktunya 🙂
    Thanks Jesus 🙂

  • Tetap percaya pada rancangan-Nya dan selalu bersyukur pada-Nya dalam nama Yesus Kristus ^^

  • kesulitan hidup yang manusia alami jangan membuat jauh dari Allah tapi harus makin melekat/nempel sama Allah yang menjadi sumber kekuatan hidupku. I love Jesus Christ

  • tidak mudah meyakini bahwa dalam keadaan sulit, dengan gamblang mengatakan bahwa Allah sedang merajut rencana yang indah didalam hidup kita, tetapi iman, pengharapan dan kasih mengarahkan orang Kristen untuk tidak berpusat pada dirinya atau keadaan sekitarnya tetapi kepada Allah.

Bagikan Komentar Kamu!