Tugas Yang Penuh Risiko

Sabtu, 10 Desember 2011

Baca: Matius 1:18-25

Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. —Matius 1:24

Dalam sejumlah kartu Natal yang akan Anda terima tahun ini, pastilah ada gambar seorang pria yang berdiri di belakang sembari memandang dari balik bahu Maria, yang dengan jelas digambarkan sedang mengasuh bayi Yesus. Nama pria itu adalah Yusuf. Namun, setelah kisah kelahiran Yesus, nama Yusuf tidak lagi sering disebut-sebut. Jika kita tidak memahami betul situasinya, kita mungkin berpikir bahwa Yusuf adalah seorang biasa yang kebetulan lewat atau, setidaknya, seseorang yang kehadirannya diperlukan semata-mata untuk menegaskan bahwa Yesus berhak meneruskan takhta Daud.

Namun sesungguhnya, peran Yusuf begitu penting dan strategis. Kalau saja ia tidak menaati perintah malaikat supaya mengambil Maria menjadi istrinya (Mat. 1:20), dari sudut pandang manusia, ia akan membahayakan misi kedatangan Yesus ke dunia. Mengambil Maria sebagai istrinya adalah suatu tugas yang penuh risiko. Pandangan masyarakat yang melihat bahwa Yusuf adalah ayah dari bayi tersebut membuatnya dicap sebagai pelanggar berat hukum Yahudi dan aib di tengah masyarakat. Namun sekarang, kita semua bersyukur bahwa ia bersedia mengorbankan reputasinya untuk berperan serta dan memfasilitasi karya Allah yang sedang berlangsung.

Banyak dari kita memainkan peran yang tidak begitu berarti dibandingkan dengan tokoh-tokoh besar di dunia ini. Namun, kita semua dipanggil untuk taat. Allah mungkin sedang mempersiapkan sesuatu bagi kita di saat kita bersedia untuk berserah pada kehendak- Nya—sekalipun hal itu membuat kita harus menghadapi risiko! —JMS

Siapa yang berpegang pada Sabda Tuhan,
Dan setia mematuhinya,
Hidupnya mulia dalam cahya baka.
Bersekutu dengan Tuhannya. —Sammis

(Nyanyikanlah Kidung Baru, No.11)

Percaya dan taat bukanlah hal kecil.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. Sugel
    Sugel says:

    Ya Yesus, Engkau telah wafat, namun sumber kehidupan telah memancar bagi jiwa-jiwa dan terbukalah lautan kerahiman bagi segenap dunia. 0, Sumber Kehidupan, kerahiman Ilahi yang tak terselami, naungilah segenap dunia dan curahkanlah diri-Mu pada kami.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *