Tugas Yang Serius

Jumat, 23 September 2011

Baca: Mazmur 96:1-13

“Tuhan itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsabangsa dalam kebenaran.” —Mazmur 96:10

Baru-baru ini saya dipanggil untuk bertugas menjadi anggota juri di pengadilan. Ini berarti suatu masa yang begitu tidak nyaman dan menghabiskan banyak waktu. Namun, ini juga suatu tugas yang serius. Pada orientasi di hari pertama, hakim mengajar kami tentang tanggung jawab yang akan kami pikul dan arti penting dari tugas ini. Kami akan duduk untuk mengadili pihak-pihak yang saling bertikai (pengadilan perdata) maupun yang dituduh melakukan tindak kriminal (pengadilan pidana). Saya merasa sangat tidak mampu menjalankan tugas ini. Menjatuhkan penilaian terhadap orang lain, dengan konsekuensi serius bagi hidupnya berdasarkan keputusan yang diambil, bukanlah hal yang sederhana. Karena kita adalah manusia yang tidak sempurna, kita mungkin tidak selalu memberikan penilaian yang tepat.

Sementara sistem pengadilan dari dunia kita terus diwarnai pergulatan untuk bersikap adil karena kelemahan dalam diri manusia yang menjalankannya, kita dapat selalu mempercayai Allah kita untuk senantiasa bersikap penuh kebijaksanaan dan keadilan. Sang pemazmur bernyanyi, “Tuhan itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsabangsa dalam kebenaran” (Mzm. 96:10). Allah mengadili menurut kebenaran dan ini dijamin oleh keadilan-Nya yang sempurna dan karakter-Nya yang tidak bercela.

Kita dapat percaya kepada Allah sekarang ketika hidup kelihatannya begitu tidak adil, karena kita tahu bahwa suatu hari kelak Allah akan meluruskan kembali segala sesuatu di takhta pengadilan akhir-Nya (2 Kor. 5:10). —WEC

Hakim-hakim yang terbaik di bumi
Tidaklah selalu benar atau adil;
Tetapi Allah, Hakim yang paling adil dari semuanya,
Tak akan bertindak salah kepada siapa saja. —Egner

Kelak Allah akan meluruskan setiap ketidakbenaran.

Facebooktwitterreddit

2 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *