Pelajaran Menangis

Rabu, 21 September 2011

Baca: Wahyu 21:1-7

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. —Matius 5:4

Apakah Anda pernah mengalami patah hati? Hal apa yang menyebabkannya? Kekejamankah? Kegagalankah? Ketidaksetiaankah? Kehilangankah? Mungkin Anda menyingkir ke tempat yang gelap untuk menangis.

Menangis itu baik. “Air mata adalah satusatunya yang dapat menyembuhkan ratapan,” ujar George MacDonald, seorang pengkhotbah asal Skotlandia. Sedikit tangisan bisa membawa kebaikan bagi seseorang.

Yesus menangis di kubur Lazarus (Yoh. 11:35), dan Dia menangis bersama kita (ay.33). Hati-Nya juga hancur. Air mata kita membawa kebaikan kasih Allah dan perhatian-Nya. Dia tahu ada kalanya kekhawatiran membuat kita tidak dapat terlelap di malam hari. Hati-Nya pedih ketika kita berduka. Dia adalah “Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang memberi kita penghiburan dalam segala penderitaan kita” (2 Kor. 1:3-4). Dan Dia memakai umat-Nya untuk saling memberi penghiburan.

Namun, dalam hidup ini, air mata akan terus mengalir seperti juga kebutuhan kita akan penghiburan. Penghiburan yang kita terima sekarang bukanlah jawaban akhir. Akan ada suatu hari di masa depan dimana tidak akan ada lagi kematian, tidak ada dukacita, tidak ada ratap tangis, karena semua hal itu “telah berlalu” (Why. 21:4). Di surga, Allah akan menghapus semua air mata. Allah Bapa sangat mengasihi kita sehingga Dialah yang akan menghapus air mata dari mata kita; Dia mengasihi kita secara pribadi dengan amat mendalam.

Ingat, “Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur” (Mat. 5:4). —HDR

Pikirkanlah suatu negeri tanpa duka,
Pikirkanlah suatu negeri tanpa ketakutan,
Pikirkanlah tiada lagi sakit penyakit dan kematian,
Pikirkanlah suatu negeri tanpa air mata. —NN.

Allah peduli dan turut merasakan dukacita kita.

Bagikan Konten Ini
8 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Berjuang selama berada di dunia ini, sebab Bapa sudah menyiapkan tempat peristirahatan kekal di sorga… Puji Tuhan ^^

  2. Lina Mionz
    Lina Mionz says:

    Tuhan saat ini aku sedang merasakan “sedih” itu lagi, tapi ku tahu Kau kan s’lalu menemaniku melaluinya dan seperti biasa akhirnya hanya Kau yang dapat menghiburku. Ku rindu semakin merasakan keintiman dan keutuhan yang sejati di dalamMu. Terima kasih-ku untuk Kekasih Jiwa-ku ^_^…

  3. El shaddai
    El shaddai says:

    Puji Tuhan.. Haleluyah..!! saya sangat merasakan Kasih Tuhan lewat website ini.. saat ini sy sedang mengalami kedukaan dan kehilangan.. namun Tuhan Yesus luar biasa menjadi sumber penghiburan,, “Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur” (Mat. 5:4) God bless u all 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *