Dari Dalam Hati

Minggu, 5 Juni 2011

Baca: Yohanes 15:1-8

Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. —Yohanes 15:3

Dalam suatu konferensi internasional bagi kalangan penerbitan, seorang pemuda asal Prancis menggambarkan pengalamannya dalam suatu acara penandatanganan buku. Ada seorang wanita yang mengambil salah satu bukunya, membacanya sekilas, dan berseru, “Akhirnya, ada juga yang menulis cerita yang bersih!” Pemuda itu menjawab dengan halus, “Tulisan saya bersih karena pikiran saya bersih. Itu adalah hal yang mengalir begitu saja.” Apa yang dituangkan pemuda itu dalam tulisannya merupakan ungkapan dari dalam hati, karena Kristus telah mengubah batinnya.

Yohanes 15 mencatat pengajaran Yesus kepada para murid-Nya mengenai arti tinggal di dalam Dia sebagai satu-satunya cara untuk memiliki hidup yang berbuah. Dalam penggambaran-Nya tentang pokok anggur dan ranting-rantingnya, Yesus berkata: “Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu” (ay.3). Seorang ahli Alkitab, W. E. Vine mengatakan bahwa kata bahasa Yunani untuk bersih berarti “bebas dari unsur-unsur yang tidak murni, tanpa cacat, tanpa noda”.

Hati yang murni merupakan karya Kristus, dan hanya di dalam kuasa-Nya kita dapat tetap hidup bersih. Kita sering gagal, tetapi “jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan . . . menyucikan kita dari segala kejahatan” (1 Yoh 1:9). Pembaruan adalah karya Tuhan yang dimulai dari dalam batin.

Yesus telah membersihkan kita melalui pengorbanan-Nya dan firman-Nya. Perkataan dan perbuatan kita yang tulus dan menyegarkan jiwa orang lain akan mengalir dari dalam hati ketika kita tinggal di dalam Kristus. —DCM

Menerima bahwa kita bersalah,
Serta mengakui dosa kita,
Lalu percaya pada pengorbanan Kristus
Akan membersihkan kita dari dalam. —Sper

Pengakuan dosa kepada Allah membuat kita menerima penyucian dari Allah.

Facebooktwitterreddit

1 reply

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *