Jadi Anak Muda yang Patut Diteladani dalam Perkataan

Oleh Vania Valencia Go

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” —1 Timotius 4:12

Rasul Paulus menuliskan sepucuk surat yang ditujukan kepada Timotius karena ialah yang Paulus percayakan untuk melanjutkan pekerjaan pelayanannya. Surat ini memuat nasihat atas kegiatan pemberitaan Injil dan sejumlah wejangan pribadi. Di dalam pasal 4:12, Paulus menasihatkan Timotius agar melalui perkataan, tingkah laku dan kesetiaannya, ia dapat menjadi teladan bagi banyak orang. Timotius bisa menjadi seorang pribadi yang berintegritas baik, setia dan sanggup mengaplikasikan firman Allah dalam hidupnya sehari-hari, sehingga tidak ada alasan bagi orang lain untuk memandangnya rendah karena dirinya masih muda.

Meskipun ia muda, belum banyak pengalaman, belum terlalu dewasa, dan kalau kata orang jaman sekarang menyebutnya “anak masih bau kencur” tetapi ia dapat menjadi teladan di dalam perkataan, tingkah laku, kesetiaan, dan kesuciannya sehingga orang lain atau orang yang lebih tua darinya tidak memandang rendah akan dirinya.

Teman-teman, perasaan yang sama juga bisa terdapat dalam diri kita. Sebagai seorang muda, mungkin kita  merasa takut dan minder. Dan karena usia kita, orang lain menganggap kita sebagai orang yang masih “bau kencur”. Bahkan ketika kita hendak mengabarkan Injil kepada mereka, seringkali itu terasa begitu sulit karena kita dianggap terlalu muda dan belum dewasa, sehingga kita tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

Satu hal yang dapat kita pelajari dari nasihat Rasul Paulus kepada Timotius adalah bahwa sekalipun kita masih muda, kita dapat hidup begitu rupa sehingga layak menjadi teladan bagi orang lain. Hal ini bisa terlihat dalam sikap kita membawa diri, melalui cara kita berbicara dan bertingkah laku.

Sudahkah kita mengeluarkan perkataan yang membangun orang lain (Amsal 16:24)? Sudahkah perkataan kita sesuai dengan apa yang Yesus kehendaki untuk kita miliki? Yakobus 3:5 berkata, “Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.”

Marilah kita belajar menjadi seorang muda yang dapat menjadi teladan di dalam perkataan, tingkah laku dan kesucian hidup. Kita bisa mulai dari perkataan kita. Milikilah perkataan-perkataan yang penuh kejujuran, dapat membangun dan dapat dipercaya. Perkataan seperti ini membangun kepercayaan dan tidak bisa dijadikan alasan bagi orang lain untuk merendahkan kita. Yang lebih penting lagi, kiranya kita memuliakan Allah di dalam percakapan kita, dengan mengetahui bahwa Dia mengetahui setiap kata dan pikiran yang ada sebelum semua itu kita utarakan.

Bagikan Konten Ini
17 replies
  1. IIka Lovina Siregar
    IIka Lovina Siregar says:

    Good
    kita harus berani tampil beda
    supaya orang bisa melihat dan percaya akan kasih Yesus

  2. Ardianayah SBD
    Ardianayah SBD says:

    Wah bisa di respon,jadi saya harus jadi teladan sebagai orang kristen yg percaya kpd Tuhan yesus.Amin

  3. Andinnadin
    Andinnadin says:

    Kita sebagai anak2 muda harus jadi teladan yg baik lewat sikap kita tutur kata kita dan tingkah laku kita…

  4. Indah
    Indah says:

    ayo teman” jadilah teladan bagi orang percaya, baik itu dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kessetiaan, dan dalam kesucian hidup kita kepada Tuhan, mengapa demikian ? sebab pemuda adalah generasi muda yang akan menjadi tulang pungung gereja.

  5. haraboston silalahi
    haraboston silalahi says:

    SYALOM saya tetap meneladani Tuhan karena Tuhan itu baik ,mau memberi semua ,dan juga Tuhan sudah menjaga aku kamu dan or tuaku sekian
    SYALOM

  6. zelika mulya permai
    zelika mulya permai says:

    luar biasa sekali pesan yang terkandung dalam artikel ini, dapat memberikan pencerahan pada anak muda yang dapat menjadi motivasi

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *