Mari Dan Lihatlah

Selasa, 10 Mei 2011

Baca: Yohanes 1:35-46

Marilah dan kamu akan melihatnya. —Yohanes 1:39

Dapatkah Anda memberitahukan di mana saya dapat menemukan bola lampu?”

“Tentu. Silakan ikuti saya dan saya akan menunjukkannya kepada Anda.”

Di banyak toko besar, para pekerjanya diinstruksikan untuk membawa para pelanggan ke tempat barang yang mereka cari daripada hanya memberikan petunjuk arah secara lisan. Sikap ramah yang umum ditunjukkan dengan berjalan mendampingi seseorang yang sedang mencari sesuatu dapat menolong kita untuk mengembangkan konsep tentang apa artinya menuntun orang kepada Kristus.

Dalam Yohanes 1, frasa “Mari dan lihatlah” muncul dua kali. Ketika dua murid Yohanes Pembaptis yang ingin tahu bertanya kepada Yesus di mana Dia tinggal, Tuhan menjawab, “Marilah dan kamu akan melihatnya” (ay.39). Setelah menghabiskan waktu seharian bersama-Nya, Andreas menemui saudaranya, Simon Petrus. Kemudian, Andreas  membawa Simon kepada Yesus (ay.40-41). Lalu, Filipus memberitahu Natanael bahwa ia telah menemukan Sang Mesias. Membalas jawaban Natanael yang kurang percaya, Filipus berkata, “Mari dan lihatlah” (ay.47).

Bersaksi bagi Kristus mungkin datang sebagai kesempatan yang hanya terjadi satu kali ketika kita menceritakan Kabar Baik tentang-Nya kepada orang lain. Namun, bersaksi dapat juga dilakukan dengan mendampingi mereka yang sedang membutuhkan pertolongan dan mencari pemulihan diri. Minat kita yang tulus atas kehidupan rohani mereka, doa-doa kita, dan keterlibatan kita dalam hidup mereka akan menunjukkan kepada mereka, meskipun tanpa kata-kata, “Mari dan lihatlah. Mari berjalan bersama, dan saya akan membawa Anda kepada-Nya.” —DCM

Injil harus terus dinyatakan,
Kebenarannya perlu kita bagikan,
Tetapi terkadang mereka yang mencari juga perlu
Melihat betapa kita peduli kepada mereka.
—Sper

Kebaikan dan belas kasihan membawa lebih banyak orang kepada Kristus
dibandingkan pemberitaan semata.

Bagikan Konten Ini
2 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *