VII. Kaum Kristen Yahudi Mengubah Hari Ibadahnya

Hari Sabat yang digunakan untuk beristirahat dan beribadah merupakan prinsip dasar bagi hidup orang Yahudi. Orang Yahudi yang tidak menghormati hari Sabat dipandang bersalah karena melanggar hukum Musa. Meski demikian, orang Yahudi yang menjadi pengikut Kristus mulai beribadah bersama orang percaya dari bangsa-bangsa lain pada hari yang baru. Hari pertama dari suatu minggu, yaitu hari dimana mereka percaya Kristus telah bangkit dari kematian, telah menggantikan hari Sabat. Bagi orang Yahudi, hal ini merupakan perubahan hidup yang besar. Hari yang baru itu, beserta dengan upacara baptisan bagi orang percaya, menegaskan bahwa mereka yang percaya pada kebangkitan Kristus telah menerima sesuatu yang lebih dari sekadar agama Yahudi yang diperbarui. Mereka percaya bahwa kematian dan kebangkitan Kristus telah membuka jalan bagi suatu hubungan yang baru dengan Allah. Jalan yang baru ini tidak didasarkan pada hukum Taurat, melainkan pada sang Juruselamat yang telah menanggung dosa manusia dan memberikan kehidupan baru kepada mereka.

BEFORE: ALASAN #6 |  NEXT: ALASAN #8

Bagikan Konten Ini
6 replies
  1. estimate
    estimate says:

    Yesus tidak pernah menegaskan kapan hari yang tepat untuk beribadat dan berdoa. Hari apapun baik sebab Tuhan Allah mu telah menciptakan semua hari itu indah adanya. Setiap saat juga boleh berdoa dan beribadah.
    Mengapa dipilih hari minggu, karena hari minggu adalah hari ketujuh dimana Tuhan Allah telah selesai menciptakan seluruh dunia dan isinya sehingga pada hari ke tujuh itu, IA beristirahat. Patut bagi manusia dimana Allah bersitirahat maka ciptaannya harus memuji dan menyembah NYA. Walaupun begitu tidak mesti pula beribadah hanya pada hari minggu atau jumat saja melainkan semua waktu baik bagi kita untuk beribadah.

  2. bayu suwandi
    bayu suwandi says:

    di Hukum 10 peritah Tuhan di tuliskan Hormati dan Kuduskanlah hari Sabat.
    menurut saya sebaiknya ikuti saja apa maunya Tuhan. dan itu Tuhan juga yang perintahkan. jadi kita tidak salah dan memelihara resiko

  3. Galih
    Galih says:

    Berdoa kepada Tuhan serta memohon setiap petunjuk dari-Nya setiap saat, saat kita melakukan apa pun karena Dia selalu memberikan hasil yang terbaik dari apa yang kita tidak pikirkan.Gb us all.

  4. berthy mawu
    berthy mawu says:

    semua hari untuk beribadah itu baik, tapi hari ketujuh (sabtu) memiliki makna firman Allah sebagai yang tidak bisa dirobah oleh mahluk ciptaanNya (Kej 2 : 2,3) Allah Berhenti, Allah Menguduskan, Allah Memberkati, (Kel 20 : 8-11) Allah Berhenti,Memberkati,Menguduskan,sebagai bagian 10 Perintah Allah, dan ketiga Point itu tidak pernah tercatat dihari lain diseluruh Allkitab. Kalau Yesus sebagai Juruselamat Manusia ke Sinagoge pada hari Sabat (Lukas 4 : 16) bagaimana dengan sdr yg mengaku Umat KRISTEN ?
    Mari kita terus belajar dan belajar Allkitab yang berisi Firman Allah !!!!

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *