Galeri Bisikan

Rabu, 27 April 2011

Baca: Amsal 10:13-23

Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi. —Amsal 10:19

Katedral St. Paul yang berkubah di London memiliki fenomena arsitektur menarik yang disebut “galeri bisikan”. Sebuah situs menjelaskan tentang galeri ini: “Nama itu berasal dari fakta bahwa seseorang yang berbisik menghadap tembok pada satu sisi, suaranya dapat didengar jelas pada sisi tembok lainnya, karena suara itu merambat secara sempurna melalui lengkung kubah yang luas itu.”

Dengan kata lain, Anda dan seorang teman dapat duduk pada sisi tembok yang berlawanan di katedral agung yang merupakan rancangan dari Sir Christopher Wren dan bercakap-cakap cukup dengan bisikan saja.

Meskipun “galeri bisikan” adalah fitur yang menakjubkan dari Katedral St. Paul, hal ini juga dapat menjadi peringatan bagi kita. Apa yang kita katakan secara diam-diam tentang orang lain dapat dengan mudahnya merambat sama seperti suara bisikan yang merambat dalam galeri tadi. Gosip yang kita ucapkan tidak hanya dapat meluas ke mana-mana, tetapi juga sering juga menyakiti banyak pihak, jika itu terjadi.

Mungkin inilah alasannya mengapa Alkitab sering menantang kita mengenai cara kita berkata-kata. Raja Salomo yang bijaksana menulis, “Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi” (Ams. 10:19).

Daripada berbisik dan bergosip mengenai sesuatu yang dapat melukai dan menyakiti hati serta tidak menghasilkan kebaikan, lebih baik kita menahan diri dan belajar untuk berdiam diri. —WEC

Tuhan, tolonglah kami mengekang apa yang kami katakan
Dan menjaga percakapan kami,
Menghindar supaya tidak bergosip
Yang dapat merusak reputasi. —Sper

Gosip tidak akan diteruskan oleh orang yang bijaksana.

Bagikan Konten Ini
4 replies
  1. risma
    risma says:

    Pikirkanlah hal yang baik, maka itu akan sangat membantu kita untuk mengeluarkan kata-kata yang baik….

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *