Teologi Untuk Semua Orang

Minggu, 27 Maret 2011

Baca: Yeremia 23:25-32

Akulah Tuhan yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi. —Yeremia 9:24

Sejumlah orang mengatakan bahwa teologi hanyalah untuk mereka yang “melayani penuh waktu”. Namun, situasi di zaman Nabi Yeremia menggambarkan alasan mengapa penting bagi tiap orang untuk mengetahui apa yang dikatakan Allah tentang diri-Nya sendiri.

Para pemuka agama pada zaman Nabi Yeremia gagal mewakili Allah karena mereka menubuatkan “tipu rekaan hatinya sendiri” (Yer. 23:26) dan menyesatkan umat Allah dengan dusta mereka (ay.32). Karena ketidakjujuran mereka ini, umat Allah tidak mengetahui sifat Allah yang sesungguhnya.

Dewasa ini, ada orang yang menggambarkan Allah sebagai Pribadi yang pemarah, pendendam, dan yang tidak sabar ingin menghukum setiap orang yang melakukan pelanggaran kecil sekali pun. Namun, Allah menggambarkan diri-Nya sendiri sebagai “Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya” (Kel. 34:6). Ada juga yang menunjukkan gambaran tentang Allah Mahakasih yang terlalu baik hingga tidak tega menghukum dosa. Namun, Allah menggambarkan diri-Nya sebagai pribadi yang menegakkan keadilan dan kebenaran (Yer. 9:24). Dia bukan hanya Hakim yang adil, tetapi juga Bapa yang penuh kasih sayang. Jika kita hanya menekankan salah satu dari gambaran ini, kita memberikan gambaran yang salah tentang Allah.

Hal terpenting yang dapat kita ketahui tentang Allah dan nyatakan kepada dunia adalah bahwa Allah tidak ingin menghukum manusia; Dia merindukan mereka bertobat sehingga Dia dapat memberikan pengampunan (2 Ptr. 3:9). Namun, untuk sungguh-sungguh menyatakan kasih, Allah juga harus bersikap sepenuhnya adil. —JAL

Meskipun kasih pada Allah seharusnya menggerakkan
Hatiku untuk melakukan apa yang baik dan benar,
Betapa bijaknya gentar terhadap penghakiman-Nya yang sejati
Berdiri penuh takjub akan kebesaran-Nya. —D. De Haan

Setiap orang akan menghadap Allah yang bertindak sebagai Juruselamat atau sebagai Hakim.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. franklin D.T.
    franklin D.T. says:

    FirmanNYA akan mengungkapkan tentang siapa Dia,karenannya setialah menggali alkitab. Dia pasti menyatakanNYA.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *