Khawatir Tentang Uang

Kamis, 24 Maret 2011

Baca: Lukas 12:22-31

Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu kerajaan itu. —Lukas 12:32

Dari semua firman-Nya yang tertulis dalam Alkitab, Yesus lebih banyak membicarakan tentang uang daripada topik lainnya. Lukas 12 memberikan ringkasan yang baik mengenai sikap-Nya. Dia tak mengutuk harta benda, tetapi mengingatkan untuk tak menaruh kepercayaan kepada uang sebagai jaminan masa depan. Uang tak dapat menyelesaikan masalah terbesar dalam kehidupan.

Meskipun membicarakan banyak aspek tentang uang, tampaknya Yesus berfokus pada pertanyaan: Apa yang dilakukan uang terhadap Anda? Uang dapat mendominasi hidup seseorang, hingga mengalihkan perhatiannya dari Allah. Yesus menantang kita untuk membebaskan diri dari kuasa uang—bahkan jika itu berarti menyumbangkan seluruhnya.

Yesus mendorong para pendengar-Nya untuk mencari harta kerajaan Allah, karena harta itulah yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka, baik dalam hidup di bumi maupun di kehidupan selanjutnya. “Janganlah kuatir,” kata Yesus (ay.22), karena Allahlah yang menyediakan semua yang kita butuhkan. Dan untuk menekankan maksud-Nya, Dia menyebut Raja Salomo, orang terkaya di Perjanjian Lama. Yesus berkata bahwa Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga yang umum itu. Jadi, janganlah cemas hati Anda (ay.27-29), “tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu” (ay.31).

Lebih baik menaruh kepercayaan kepada Allah yang melimpahkan perhatian-Nya atas seluruh bumi daripada menghabiskan waktu hidup kita dengan mengkhawatirkan tentang uang dan harta benda. —PDY

Bayang-bayang gelap ‘kan dihapus lenyap
Oleh sinar senyum wajah-Nya;
Rasa takut dan syak ‘kan menghilang cepat
Dari yang berpegang pada-Nya. —Sammis
(Nyanyikanlah Kidung Baru, No. 116)

Ukuran sesungguhnya dari kekayaan kita adalah apa yang kita miliki dalam kekekalan.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Ayo mencari harta terbesar yang diberikan Bapa di sorga, yaitu keselamatan kekal dalam Yesus Kristus ^^

  2. Martina_Ling
    Martina_Ling says:

    Cemas akan sesuatu yang ada di depan kita, akan masa depan kita itu adalah hal yang wajar sebagai seorang manusia biasa yang memiliki banyak kelemahan..

    Tapi jika sebenarnya kita memiliki iman & kepercayaan lebih padaNya, kita tidak perlu takut.. krn Tuhan sangat mencintai anak2Nya.. Dia punya rancanganNya sendiri yang terbaik untuk kita, anak2Nya..

    Tuhan, ajarilah kami untuk slalu berpegang padaMu..

  3. meyli realita
    meyli realita says:

    Bapa sungguh luar biasa..
    Ketika kita merasa khawtir, tapi Bapa tetap ada dalam hidup kita..
    Tetap teguh sobat2 ku…

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *