Siapa Penikmatnya?

Minggu, 20 Februari 2011

Baca: Mazmur 50:7-15

Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku. —Mazmur 50:23

Saya pernah menganggap kebaktian di gereja sebagai saat menikmati hiburan. Tentang orang-orang seperti saya, Sören Kierkegaard berkata bahwa kita cenderung menganggap gereja semacam teater: Kita duduk di kursi penonton, menonton para aktor di panggung dengan penuh perhatian. Jika merasa cukup terhibur, kita mengungkapkan terima kasih dengan tepukan tangan. Namun, gereja seharusnya merupakan kebalikan dari teater. Allah sajalah penikmat dari ibadah kita.

Hal yang terpenting terjadi dalam hati jemaat—bukan di panggung atau mimbar. Sepulang kebaktian, seharusnya kita tidak menanyakan pada diri sendiri, “Apa yang aku terima dari ibadah tadi?”, tetapi tanyakan, “Apakah Allah senang dengan apa yang telah terjadi?”

Allah berusaha keras menjelaskan secara rinci tentang persembahan binatang kepada bangsa Israel kuno dalam ibadah mereka. Namun, Allah mengatakan bahwa Dia tidak memerlukan binatang mereka: “Tidak usah Aku mengambil lembu dari rumahmu atau kambing jantan dari kandangmu, sebab punya-Kulah segala binatang hutan, dan beribu-ribu hewan di gunung” (Mzm. 50:9-10). Yang diinginkan Allah adalah ucapan syukur dan ketaatan mereka (ay.23).

Ketika berfokus pada ibadah lahiriah, kita juga kehilangan makna pentingnya: yang Tuhan mau adalah persembahan hati kita, suatu sikap batin yang rela tunduk dan mengucap syukur. Tujuan ibadah tidak lain adalah untuk bertemu dan menyenangkan Allah kita. —PDY

Tuhan, kiranya ibadah dan pujian kami,
Dari hati yang berserah pada kehendak-Mu,
Layak jadi persembahan kasih yang bernilai
Karena semua berkat-Mu yang telah dicurahkan. —Sper

Inti dari ibadah adalah ibadah dari hati.

Bagikan Konten Ini
1 reply
  1. vien
    vien says:

    ingin memberitahu pd org trdekat tentg ap yg dn hatiku…
    tp bibir in terkunci…

    terlalau sakit membiarkannya…

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *