Penataan Ulang

Rabu, 2 Februari 2011

Baca: Mazmur 55:1-9

Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! —Mazmur 55:23

Ada kalanya komputer saya menjadi lambat. Seringnya pemakaian suatu program dan dokumen tertentu menyebabkan berbagai informasi yang ada terserak di sana-sini sehingga komputer saya harus terlebih dulu mencari bagian-bagian tersebut sebelum saya dapat mengakses informasi yang saya inginkan. Untuk memperbaikinya, saya harus menjalankan sebuah program yang akan mengumpulkan kembali bagian-bagian itu dan mengelompokkannya sehingga mudah untuk diakses. Program ini disebut defragmentasi (penataan ulang).

Seperti komputer saya, berbagai bagian dari hidup saya juga bisa terserak di sana-sini. Satu keadaan bisa memicu emosi saya ketika saya sedang mencoba berkonsentrasi pada hal lainnya. Tuntutan-tuntutan dari berbagai pihak membombardir saya. Saya ingin menyelesaikan apa yang harus dituntaskan, tetapi pikiran saya tidak mau berhenti dan tubuh saya tidak mau bergerak. Saya pun cepat merasa lelah dan tidak berguna.

Baru-baru ini saya mengikuti suatu retret dan salah satu materinya mencantumkan doa yang kata-katanya menggambarkan perasaan saya: “Tuhan, aku terserak, gelisah, dan tak bisa memusatkan perhatian.”

Raja Daud juga pernah melewati masa-masa seperti itu (Mzm. 55:3). Dalam doa, Daud menyampaikan semua kebutuhannya kepada Allah di waktu pagi, tengah hari, dan petang dengan keyakinan bahwa ia akan didengar (ay.18).

Doa dapat menolong untuk menata ulang hidup kita. Ketika kita menyerahkan segala kekhawatiran kita kepada Tuhan, Dia akan menunjukkan kepada kita apa yang perlu kita lakukan dan apa yang hanya dapat dilakukan oleh-Nya. —JAL

Tuhan, kami bawa hati kami yang gelisah
Dalam doa yang sungguh kepada-Mu;
Kini, tolong kami ‘tuk menanti dengan penuh harap
Seraya berserah dalam perlindungan-Mu. —Sper

Kita paling membutuhkan doa, justru ketika kita hanya punya sedikit waktu untuk berdoa.

Bagikan Konten Ini
2 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *