Seperti Orang Munafik

Rabu, 26 Januari 2011

Baca: Efesus 2:1-10

Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, . . . telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus. —Efesus 2:4-5

Ray Stedman bercerita tentang seorang pemuda yang berhenti beribadah di gereja yang digembalakan Ray. Pemuda itu berkata bahwa ketika di tempat kerja, ia terkadang tidak dapat mengendalikan temperamennya dan memperlakukan para rekan kerjanya dengan buruk. Kemudian, ketika hari Minggu tiba, ia tidak ingin pergi ke gereja karena ia merasa seperti orang munafik.

Stedman memberi tahu pemuda tersebut, “Orang munafik adalah seseorang yang berbuat tidak selaras dengan yang diyakininya. Bila Anda datang ke gereja, Anda berbuat selayaknya seorang Kristen. Anda bukanlah seorang munafik di gereja.” Tiba-tiba pemuda itu menyadari kapankah ia menjadi seorang munafik. Ia menyadari bahwa solusinya bukanlah dengan menghindari gereja, tetapi dengan mengubah sikapnya di tempat kerja.

Istilah munafik berasal dari kata Yunani yang berarti “menjadi aktor”. Itu berarti kita berpura-pura menjadi seseorang yang di luar diri kita. Kadang-kadang kita melupakan identitas sejati kita sebagai orang percaya dalam Yesus. Kita lupa bahwa kita bertanggung jawab kepada Allah. Ketika kita melakukannya, kita hidup dengan “mengikuti jalan dunia” (Ef. 2:2) dan pada saat itulah, kita menjadi orang munafik.

Marilah kita tidak membiarkan cara-cara kita yang lama membuat kita berlaku tidak selaras dengan apa yang kita yakini. Sebaliknya, melalui anugerah Allah, marilah hidup dengan cara yang menunjukkan bahwa kita “hidup bersama-sama dengan Kristus” (ay.5). Ini adalah obat yang manjur untuk melawan kemunafikan. —JDB

Konsistensi! Betapa kita perlu
‘Tuk berjalan dengan langkah teratur,
‘Tuk hidup sesuai dengan yang tertutur,
Sampai kita melihat wajah Kristus. NN.

Orang Kristen yang tak konsisten adalah orang yang paling menolong pekerjaan si iblis.

Bagikan Konten Ini
2 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *