Jesus Army – Menemukan Arti Hidup

Ulasan oleh Daniel Gordon Ang

Band Jesus Army dibentuk pada hari Natal tahun 2009, dari sebuah komunitas yang juga bernama Jesus Army, dengan anggota yang berasal dari berbagai gereja dan berbasis di Tangerang, Banten. Visi dan misi mereka adalah untuk “membakar semangat anak-anak muda, sehingga mereka bisa lebih semangat melayani di gereja mereka masing-masing dan menjadi terang di manapun mereka berada.”

Band ini terdiri atas enam orang: Arny, Setiawan, Juan (vokalis), Rama (gitaris), William (basis), dan Andry (drummer), dengan William sebagai ketua band sekaligus pencipta dari lagu-lagu yang mereka nyanyikan. Mereka berkata bahwa inspirasi mereka berasal dari kecintaan dan kesenangan mereka untuk memuji Tuhan. Jesus Army, yang mengagumi grup-grup musik Kristen seperti Hillsong dan True Worshippers, juga berharap bahwa mereka bisa turut menginspirasi anak-anak muda lain supaya terus bersemangat melayani Tuhan.

Dalam kiprahnya, Jesus Army sudah mengeluarkan album perdananya yang terdiri dari 10 lagu. Salah satunya adalah Arti Hidupku, lagu yang menyatakan sukacita dan ketenteraman berada dalam pemeliharaan Tuhan, yang telah merancang masa depan kita dan telah menyiapkan yang terbaik bagi kita.

Dengar lagunya di sini:

[audio:artihidupku.mp3]

Arti Hidupku

Sebelum ku dilahirkan
Kau telah merancang masa depanku
Kau siapkan yang terbaik bagi diriku
Yesus…

Kau berkata padaku ‘tuk jangan takut
‘Tuk hadapi s’gala jalan hidupku
S’bab Kau berada di sisiku
‘Tuk menopangku dan menyertai hidupku

Reff:
Ketika kupandang bintang di langit
Ku bertanya apa arti hidupku
Kau mengukirku di telapak tangan-Mu
dan Kau mengingatku setiap waktu

Kau menjagaku bagai biji mata-Mu
Kau menebusku dengan darah yang mahal
S’karang kupersembahkan seg’nap hidupku
Bagi-Mu Yesusku
Hanya bagi-Mu

Bait pertama dari verse lagu ini bercerita tentang rancangan yang Tuhan sudah pasti siapkan untuk kita sejak sebelum kita lahir. Pada bait kedua kepastian ini dikuatkan dengan mengingat bahwa Tuhan telah berkata agar kita tidak takut untuk menghadapi jalan hidup ini. Ia telah berjanji untuk “menopang dan menyertai” hidup kita.

Klimaks lagu ini adalah pada chorusnya, di mana sang pemuji memandang pada bintang-bintang di langit, dan bertanya “apa arti hidupku.” Mungkin kebesaran alam semesta yang sudah Tuhan ciptakan membuatnya bimbang akan tujuan hidupnya yang sejati—hidup yang pasti juga telah diwarnai oleh jatuh bangun dan perihal duniawi lainnya. Namun pada kalimat berikutnya, ia teringat pada janji bahwa Tuhan telah mengukirnya di telapak tangan-Nya. Hal ini menggemakan perkataan dalam Yesaya 49:16, “Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.” Kebesaran Tuhan memang tak terjangkau oleh manusia yang berdosa seperti kita, namun kasih-Nya kepada kita juga tak kalah nyatanya. Jadi, ingatlah selalu bahwa nama kita terukir di telapak tangan Tuhan, sehingga kita bisa selalu terhibur di tengah saat-saat yang sulit.

Bait terakhir dari chorus merupakan kesimpulan dari kesadaran yang timbul sebelumnya: mengingat bahwa “Kau menjagaku bagai biji mata-Mu” (lihat Mazmur 17:8), dan akhirnya sang pemuji pun siap mempersembahkan segenap hidupnya bagi Yesus.

Salah satu keunikan dalam komposisi lagu ini terletak pada pertengahan lagu setelah reff, ketika tiba-tiba suasana berubah menjadi lebih hard rock, dengan iringan solo biola yang memainkan sebuah interlude singkat. Meski terasa terlalu tiba-tiba, perubahan ini tetap membuat pengulangan reff lagu menjadi lebih kuat dan klimaks.

Kesimpulannya, lagu Arti Hidupku oleh Jesus Army adalah sebuah pernyataan kuat tentang kepercayaan akan rencana dan pemeliharaan Tuhan, yang menghapuskan segala kebimbangan dan membuat kita siap mempersembahkan seluruh hidup kita kepada-Nya, dalam bentuk pelayanan yang sudah Ia rencanakan untuk kita.

Nikmati karya Jesus Army lainnya di http://www.reverbnation.com/jesussarmy dan Facebook page mereka.

Bagikan Konten Ini
4 replies
  1. Mikhail
    Mikhail says:

    lagunya keren banget..
    memotivasi saya untuk lebih dekat lagi dengan Tuhan..^^
    thx ya Jesus Army band buat karyanya..sukses buat pelayanannya juga,,Jesus Hold U..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *