Di Balik Layar

Rabu, 12 Januari 2011

Baca: Matius 6:1-6,16-18

Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. —Matius 6:6

Baru-baru ini saya menghadiri sebuah acara untuk mengenang seorang pemusik berbakat yang kehidupannya telah menyentuh banyak orang. Penghargaan kepada wanita Kristen ini disajikan melalui klip video dan audio, foto-foto, permainan musik, dan para pembicara. Setelah semua orang telah meninggalkan gereja, saya singgah di ruang panel kendali untuk berterima kasih kepada para teknisi yang telah bekerja dengan sempurna dan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam acara penghargaan ini. “Tak seorang pun memperhatikan apa yang kalian kerjakan,” kata saya kepada mereka. “Itulah cara yang kami sukai,” jawab mereka.

Di Matius 6, Yesus memberitahu para murid-Nya supaya memberi (ay.1-4), berdoa (ay.5-6), dan berpuasa (ay.16-18) untuk menyenangkan Allah, bukan untuk mendapatkan pujian dari manusia. “Jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi” (ay.6). Baik ketika memberi, berdoa, maupun berpuasa, Yesus memberitahukan, “Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu” (ay.4,6,18).

Ada sifat dalam diri kita yang membuat kita ingin dilihat atau diakui untuk perbuatan baik yang kita lakukan. Walaupun dorongan dan penghargaan bukanlah sesuatu yang salah, tetapi keinginan untuk dipuji dapat menggerogoti pelayanan kita karena hal itu menggeser fokusnya dari orang lain kepada diri sendiri. Ketika tidak ada ucapan “terima kasih” yang diberikan secara terbuka, kita mungkin merasa terabaikan. Namun, meskipun kita melayani Allah secara tersembunyi, Dia melihat semuanya itu. —DCM

Pelayanan yang kita lakukan bagi Allah
Bisa tak dipuji oleh manusia;
Namun, saat kita berdiri di hadapan Tuhan,
Dia pasti akan menghargai kita. —Sper

Lebih baik apa yang kita lakukan tidak diakui
daripada mendapat pengakuan yang tidak sepantasnya kita terima.

Bagikan Konten Ini
6 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *