Tempat Perlindungan

Kamis, 21 Oktober 2010

Baca: Amsal 18:9-12

Nama Tuhan adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat. —Amsal 18:10

Di sejumlah rumah, si pemilik membangun tempat-tempat perlindungan—ruangan-ruangan khusus di mana mereka dapat berlindung, jika seseorang menerobos ke dalam rumah tersebut.

Pada Amsal 18:10, Salomo mengingatkan umat Allah bahwa Dia adalah “tempat perlindungan” mereka dan bahwa mereka dapat menemukan rasa aman sepenuhnya di dalam Allah.

Pada ayat 10 dan 11, Salomo menjelaskan dua jenis perlindungan yang digunakan oleh sejumlah orang demi rasa aman: nama Tuhan dan kekayaan. Nama atau sifat Allah digambarkan sebagai sebuah “menara yang kuat”. Sama seperti kota yang terkepung mencari perlindungan dalam menara pada benteng pertahanan, demikian juga orang benar dapat berlari kepada Tuhan dan mendapatkan rasa aman sepenuhnya.

Di sisi lain, orang kaya membayangkan kekayaan mereka sebagai bagian paling aman dari perlindungan mereka. Salomo berusaha memberitahu para pembacanya bahwa uang mungkin memberikan rasa aman, tetapi rasa aman palsu, yang dapat mengarahkan seseorang kepada kemalasan, kesombongan, dan kehancuran. Namun, orang-orang yang rendah hati dan yang menemukan rasa aman sepenuhnya di dalam sifat Allah yang kudus dan kekal, telah menemukan rasa aman yang sejati.

Kekayaan mungkin bukan ”tempat perlindungan” Anda. Anda mungkin memilih untuk berlindung pada sesuatu atau seseorang ketika kesusahan menimpa. Namun, kita semua perlu belajar untuk bergantung kepada Tuhan hari lepas hari dan menemukan tempat perlindungan teraman di dalam nama-Nya. —MLW

Seringkali lebih mudah mempercayai
Apa yang terlihat oleh mata kita,
Tetapi Allah meminta kita memandang kepada-Nya
‘Tuk menemukan rasa aman kita. —Sper

Nama Tuhan adalah tempat perlindungan kita.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. hady
    hady says:

    Berserah & Bergantung kepada Tuhan adalah salah satu bagian proses pendewasaan iman yang sulit. Tetapi saat kita mampu(dimampukan) untuk berserah & bergantung kepada Tuhan , maka saat itu kita akan menerima sukacita yang luar biasa dari Tuhan.. 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *