Sepenuhnya Kudus

Minggu, 31 Oktober 2010

Baca: Ibrani 10:1-18

Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa. —Ibrani 10:4

Selamat ulang tahun. Selamat ulang tahun.  Selamat ulang tahu-un. . . . Selamat ulang ta . . .

Setelah menyenandungkan “lagu ulang tahun” ini untuk kedua kalinya, saya pun mematikan keran air yang mengalir. Ada yang mengatakan bahwa menyanyikan lagu ini sebanyak dua kali ketika mencuci tangan (sekitar 20 detik) merupakan cara yang baik untuk menghilangkan sebagian besar bakteri. Namun, kebersihan itu tidak bertahan lama. Saya harus mengulangi proses cuci tangan ini setiap kali kedua tangan saya terkontaminasi.

Dalam Perjanjian Lama, umat Allah mempersembahkan kurban berulang kali untuk menghapus dosa-dosa mereka. Namun, darah binatang yang tercurah tidak benar-benar “menghapuskan dosa” (Ibr. 10:11). Hanya pengorbanan Yesus yang mulia yang dapat menghapuskan dosa!

Persembahan binatang korban tidak lagi diperlukan karena pengorbanan Kristus . . .

  • adalah sekali untuk selamanya—tidak seperti persembahan binatang korban, yang harus dipersembahkan “setiap tahun terus-menerus” (ay.1-3,10).
  • menyucikan kita sepenuhnya dari segala kesalahan dan dosa—tidak seperti darah binatang korban yang menjadi pengingat akan hukuman dosa dan sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa-dosa kita (ay.3-6,11).

“Sebab oleh satu korban saja [Kristus] telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan” (ay.14). Hanya melalui Yesus, kita dapat dinyatakan sepenuhnya kudus. —CHK

Tak kepalang pertolongan-Nya,
Tak terbilang kasih sayang-Nya,
Salib membawa perdamaian,
Darah-Nya t’lah membebaskan. —Bliss
(Kidung Pujian, No. 15)

Kuasa pengudusan Kristus dapat menghapus noda dosa yang paling bandel sekalipun.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. anita
    anita says:

    setiap kali kita mempertanyakan kasih Yesus, lihatlah salib-Nya, Dia rela mati untuk dosa yang tidak diperbuat-Nya, sebagai gantinya, kitapun harus komit untuk tidak berbuat dosa lg……..
    thank you Jesus for cleansing our sins with your greatest sacrifice, i love you Lord……

  2. friska
    friska says:

    hemmm ,,, dasyattttttttttttttttttttttttt ….
    Luar biasa banget kita sekarang hidup gak usah lagi pake korban sembelihan karena Tuhan Yesus yang udah jadi Korban buat kita ..
    Tuhan Yesus makasih banget buat pengorbananMu di kayu salib ,,,

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *