Memberi Secara Diam-diam

Info

Minggu, 1 Agustus 2010

Baca: Matius 6:1-4

Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. —Matius 6:3

Saya tidak tahu dengan Anda, tetapi saya suka menerima pujian atau pengakuan ketika saya melakukan sesuatu untuk orang lain. Saya pikir bukan saya sendiri saja yang senang menerima ucapan terima kasih, baik secara lisan maupun tulisan. Namun, saya tahu memberi dengan diam-diam pun ada manfaatnya. Pastilah ini cara yang baik dalam memberi, karena Yesus mendukungnya.

Itulah sebabnya saya sangat terkesan dengan pemberian tanpa nama pengirim yang suatu hari ada di teras rumah. Kami sedang keluar kota, dan saat kembali ada beberapa pot bunga di teras rumah—yang masing-masing berisi setangkai bunga matahari yang sedang mekar. Kami mengerti maksudnya, karena pemberian ini diletakkan di pintu depan pada hari ulang tahun Melissa, almarhum putri kami, yang sangat menyukai bunga matahari. Sang pemberi seperti menyatakan, “Kami mengingatmu, Mell.” Dengan memberi diam-diam, mereka mengarahkan perhatian sepenuhnya pada keluarga kami, bukan pada diri mereka sendiri.

Bayangkan sebuah dunia di mana kita semua memberi dengan murah hati dan tidak memikirkan kepentingan diri sendiri. Yesus menyebutkan tentang memberi secara diam-diam ini di Matius 6. Dia berkata, “Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi” (ay.3-4).

Tentu saja, kita tidak dapat selalu memberi secara diam-diam. Namun, pemberian kita seharusnya selalu ditandai dengan semangat kerendahan hati yang tidak mementingkan diri sendiri dan kemurahan hati yang tertuju pada Allah. —JDB

Seperti Tuhan memb’ri padamu
Dan mengasihi dikau
B’ri bantuanmu di mana perlu
Yesus mengutus engkau. —Wilson
(Buku Lagu PERKANTAS, No. 184)

Mengorbankan diri sendiri merupakan ukuran sejati pemberian kita.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

5 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!