Ikutlah Teladanku

Info

Rabu, 11 Agustus 2010

Baca: 1 Korintus 10:23–11:1

Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus. —1 Korintus 11:1

Minggu lalu, saat keluarga kami berkumpul bersama di meja makan, putra tertua saya mulai memprotes kebiasaan adiknya yang “selalu” meniru gerak-geriknya. Saat sang adik menirukan gayanya tertawa atau kebiasaannya memakan kentang goreng sebelum burger, sama seperti dirinya, hal itu membuat putra saya sebal. Saya dan istri berusaha memberikan pengertian kepadanya bahwa ia punya kesempatan mempengaruhi adiknya dengan menjadi teladan yang baik.

Berbeda dari putra saya, Paulus mengajak jemaat untuk mengikuti teladannya (1 Kor. 11:1). Dalam ayat ini, ia menyimpulkan pembahasannya dari pasal 10 tentang jemaat Korintus yang begitu mengasihi sesama sehingga rela membatasi kebebasan mereka. Paulus mengatakan bahwa jika mereka diundang makan di rumah seorang yang tidak percaya, mereka bebas memakan apa saja yang disajikan (ay.27).  Namun, jika kebebasan makan daging yang dipersembahkan kepada ilah-ilah itu menyebabkan saudara seiman lainnya meragukan apakah yang mereka lakukan itu tepat atau tidak, mereka harus membatasi kebebasan mereka agar tidak menjatuhkan orang yang masih “lemah” kepercayaannya itu (ay.28).

Paulus mendorong jemaat untuk mengikuti teladannya dalam hal ini, sebagaimana ia mengikuti teladan Kristus. Paulus tidak mencari keuntungan untuk dirinya sendiri, tetapi ia mengupayakan kebaikan bagi sesamanya dengan cara meniru teladan Yesus yang mengasihi, mempersatukan, menerima, dan mengorbankan diri.

Demikian juga, kita perlu sungguh-sungguh mengikuti teladan Yesus sehingga kita dapat berkata dengan yakin kepada saudara seiman kita, “Ikutlah teladanku, sama seperti aku meneladani Kristus.” —MLW

Ya Tuhan, tunjukkan padaku jalan agar cahayaku bersinar
Sebagai teladan kebaikan bagi umat manusia;
Menolong mereka melihat teladan-Mu,
Bersinar dalam keindahan, terpancar dalam hidupku. —Neuer

Jalani hidup yang layak diteladani dengan meneladani Kristus.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

3 Komentar Kamu

  • menjadi makin serupa dengan Kristus ^^

  • Seorang Pemimpin di dlm suatu lembaga nd instansi. Maka, seorg pemimpin hrus membri keteladan kepd bwahanx…. Krna keteladanan sangat memberi pengaruh yg besar…. Thx atas renungan pg ni krna menggingatkn aq betah pentingx memberi keteladan bwt org..

  • Ya Tuhan, tolong kami agar menjadi teladan bagi sesama bukan menjadi batu sandungan, kami rindu namaMU dimuliakan lewat hidup kami.

Bagikan Komentar Kamu!