Di Luar Orbit

Rabu, 4 Agustus 2010

Baca: Mazmur 63

Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. —Mazmur 63:2

Saya masih terheran-heran bagaimana kita dapat meluncurkan pesawat tanpa awak ke ruang angkasa. Namun, bayangkan betapa sia-sianya bila dalam perjalanannya ke Mars, pesawat itu terjerat oleh gaya gravitasi dari sebuah benda angkasa yang lebih kecil dan tidak terlalu berarti. Berhati-hatilah! Ini dapat saja terjadi dalam hidup kita.

Saat Yesus memanggil para murid untuk mengikuti-Nya, Dia ingin mereka memulai perjalanan untuk mengikuti-Nya dengan penuh kesungguhan. Seperti pesawat ruang angkasa, pengikut Kristus telah ditempatkan di suatu lintasan orbit yang bertujuan untuk mendekatkan kita pada-Nya. Namun, dalam prosesnya, diri kita sering tergoda dan terpengaruh oleh gaya tarik yang kuat dari hal-hal yang tidak terlalu berarti. Saat ini terjadi, kita berhenti mengikuti-Nya dan mulai mengikuti orbit dari hal-hal di luar Dia yang ternyata berujung pada kekosongan dan kekecewaan.

Mazmur 63 merupakan obat bagi hidup yang terjebak dalam orbit. Daud mengejar Allah karena tahu bahwa hanya Dialah yang dapat memuaskan kerinduan terdalamnya karena “kasih setia (Allah) lebih baik dari pada hidup” (ay.4). Sukacita atas kehadiran Allah memenuhi hari-harinya: “Apabila aku ingat kepada-Mu di tempat tidurku, merenungkan Engkau sepanjang kawal malam” (ay.7). Daud mengerti bahwa sukacita dan tujuan hidup yang sejati tidak muncul karena mengagumi Allah dari kejauhan, tetapi datang dari kesungguhan untuk mengikuti-Nya.

Marilah kita kembali ke jalan semula dan berusaha berjalan makin dekat dengan Allah! —JMS

Berjalan dalam persekutuan dengan Kristus
Dan merasakan kasih-Nya begitu dalam dan murni
Memuaskan jiwa ini dengan sukacita terbesar
Apa yang tak bisa diberikan dunia ini. —D. De Haan

Semakin dekat kita pada Allah, semakin kecil kemungkinan
bagi apa pun untuk mengusik hubungan itu.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Tetap berpegang pada firman-Nya dan berdoa pada-Nya, agar selalu berada pada orbit-Nya… Let’s start this day ^^

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *