Keyakinan Diri

Jumat, 23 Juli 2010

Baca: 1 Korintus 10:1-12

Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh! —1 Korintus 10:12

Ketika berjalan melalui toko perlengkapan rumah, saya melihat seorang pria mengenakan kaos merah menyala dengan tulisan melankolis: “Keyakinan: Perasaan yang Anda miliki tepat sebelum Anda memahami situasinya.”

Saya tertawa saat membaca konsep itu, tetapi saya juga menyadari bahwa tulisan itu juga menjadi peringatan yang bijaksana dan mendalam. Ini merupakan pengingat bagi kita yang berusaha menyelesaikan segala sesuatu dengan penuh keyakinan tentang kemampuan atau kelebihan kita sendiri tanpa mempercayai kekuatan Allah. Bila kita berpikir dapat mengatasi masalah-masalah kehidupan dengan kekuatan kita sendiri, keyakinan yang palsu ini akan menjadi kehancuran kita—dan kita semua akan terpuruk oleh beratnya kegagalan kita.

Paulus menuliskan bagi jemaat di Korintus tentang hal ini dengan mengingatkan mereka akan kesukaan Israel kuno dalam hal keyakinan diri dan kecukupan diri. Ia menjelaskan segala sesuatu yang dianggap Israel sebagai keberhasilan mereka; lalu ia mengatakan bagaimana mereka telah mengubah semua kelebihan itu sebagai izin untuk berbuat dosa dan keyakinan diri yang arogan sebagai bukti dari kehancuran mereka.

Paulus berkata bahwa keyakinan mereka pada diri sendiri seharusnya memperingatkan kita. Kesimpulan Paulus? “Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh” (1 Kor. 10:12). Mazmur 118:8 menunjukkan kepada kita jalan terbaik: “Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada manusia,” atau pada diri kita sendiri. Di manakah Anda meletakkan keyakinan diri Anda? —WEC

Biarkan semua yang berpikir bahwa mereka bisa bertahan
Menjadi waspada bahwa ia bisa terjatuh;
Perkataan-perkataan ini mengingatkan kita akan kebenaran
Bahwa Dia adalah Allah dari segala allah. —Branon

Keyakinan kepada Kristus adalah keyakinan yang benar.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Kita harus selalu berpatokan pada apa yang diajarkan Yesus… Let’s start this day ^^

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *