Kasih Karunia, Rahmat dan Damai Sejahtera

Selasa, 20 Juli 2010

Baca: 2 Timotius 1:1-10

Pujilah Tuhan, . . . yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat. —Mazmur 103:1,4

Kata kasih karunia dan damai sejahtera ditemukan di semua salam Paulus dalam surat-surat Perjanjian Baru-nya bagi gereja-gereja. Dan dalam suratnya kepada Timotius dan Titus, ia juga mencantumkan kata kasih karunia: “Kasih karunia, rahmat, dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita” (2 Tim. 1:2). Mari kita kupas setiap kata-kata ini.

Kasih karunia adalah sesuatu yang diberikan Allah kita yang kudus kepada kita, manusia berdosa, yang tidak layak menerimanya. Dalam Kisah Para Rasul 17:25, kita belajar bahwa “Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang.” Bahkan di masa kegelapan kita, kekuatan diberikan Allah supaya kita dapat bertahan.

Rahmat merupakan sesuatu yang pantas kita terima dan tidak ditahan-tahan oleh Allah. Dalam Ratapan 3:22, kita membaca, “Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habis nya rahmat-Nya.” Bahkan ketika kita memberontak pun, Allah memberikan waktu dan pertolongan bagi kita untuk kembali pada-Nya.

Damai sejahtera adalah sesuatu yang diberikan Allah bagi umat-Nya. Yesus berkata: “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai Sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu; dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu” (Yoh. 14:27). Bahkan di masa-masa terburuk pun, kita memiliki kedamaian batin karena Allah kita yang memegang kendali.

Kita dapat dikuatkan bahwa di sepanjang hidup kita, Tuhan akan memberi kita kasih karunia, rahmat, dan damai sejahtera yang kita butuhkan untuk menjalani hidup bagi-Nya. —AL

Dia b’ri kasih karunia yang lebih besar saat beban semakin besar,
Dia kirim kekuatan yang lebih besar ketika pekerjaan bertambah;
‘Tuk penderitaan yang bertambah, Dia tambahkan rahmat-Nya,
‘Tuk cobaan berganda, Dia menggandakan damai sejahtera. —Flint

Kasih karunia Tuhan tak terukur, rahmat-Nya tak terbatas,
damai sejahtera-Nya tak terkatakan.

Bagikan Konten Ini
6 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Ayo kita tunjukkan kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera yang kita terima dari Bapa di sorga dengan cara hidup kita sehari-hari… Let’s start this day ^^

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *